UMSurabaya Repository

Hubungan Kinerja Dokter di Rawat Inap Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Aisyiyah Siti Fatimah Tulangan Sidoarjo

Samodra, Ilham Daud (2020) Hubungan Kinerja Dokter di Rawat Inap Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Aisyiyah Siti Fatimah Tulangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 6)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 7)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Rumah sakit adalah salah satu tempat yang memberikan jasa pelayanan kesehatan perorangan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Rumah sakit memiliki banyak pelayanan seperti pelayanan rawat inap, pelayanan rawat jalan, pelayanan gawat darurat dan pelayanan medik. Untuk menilai mutu pelayanan dari rumah sakit dapat dilihat dari kepuasan pasien yang berobat. Mutu pelayanan di rumah sakit dapat dipengaruhi oleh proses pemberian pelayanan, sarana dan prasarana. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui karakteristik pasien klinik rawat inap serta mengetahui hubungan kinerja dokter dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Aisyiyah Siti Fatimah Tulangan. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian ini adalah pasien rawat inap Rumah Sakit Aisyiyah Siti Fatimah Tulangan. Instrumen yang digunakan adalah pengambilan data primer yaitu menyebar lembar kuesioner pada responden. Data yang didapat pada penelitian ini dianalisis dengan korelasi spearman. Dari hasil penelitian ini Terdapat hubungan yang signifikan antara kinerja dokter dengan tingkat kepuasan pasien di rawat inap Rumah Sakit Aisyiyah Siti Fatimah Tulangan dimana nilai p-value (0,000) dibawah α (0,05) selain variabel empati yang nilai p-value (0,256) diatas α (0,05). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan responden dari pasien rawat inap mayoritas wanita, berusia sekitar 25-34 tahun, latar belakang pendidikan terakhir SMA, yang tidak memiliki pekerjaan, dengan menggunakan pembiayaan BPJS. Pada tingkat kepuasan, Untuk semua variabel memiliki tingkat kepuasan yang berada pada tingkat puas. Pada analisis korelasi, didapatkan hubungan yang signifikan antara kinerja dokter dengan tingkat kepuasan pasien di rawat inap Rumah Sakit Aisyiyah Siti Fatimah Tulangan dimana nilai p-value (0,000) dibawah α (0,05) selain variabel empati yang nilai p-value (0,256) diatas α (0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pasien, Kinerja dpkter, Rumah Sakit
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: 05. Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 16 Jun 2021 13:10
Last Modified: 16 Jun 2021 13:10
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5308

Actions (login required)

View Item View Item