UMSurabaya Repository

Penggunaan Blended Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Keperawatan

Eni Sumarliyah., S Kep.,Ns.,M Kes and DR.A.Aziz Alimul H. , S.Kep,Ns, M.Kes and Uun, Nurjanah and Dinda Hasanah, Putri Penggunaan Blended Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Keperawatan. Project Report. umsurabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF
Download (828kB) | Preview

Abstract

BIMBINGAN TUTORIAL MELALUI BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENDIDIKAN KEPERAWATAN KOMPETENSI Oleh Dr. A. Aziz Alimul Hidayat, S.Kep., Ns., M. Kes Tujuan: untuk menganalisis pengaruh bimbingan belajar melalui blended learning dalam meningkatkan kemampuan hasil pretest kompetensi perawat. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian pra eksperimen, jumlah responden sebanyak 60 responden. Sampel diambil secara simple random sampling. Kriteria inklusi sampel penelitian adalah: mahasiswa semester akhir yang akan menghadapi ujian kompetensi yang tidak dalam kondisi sakit. Pengumpulan data dilakukan dengan uji kompetensi perawat. Dengan jumlah soal sebanyak 120 soal dengan hasil uji cronbach's alpha pada variabel uji kompetensi adalah 0,95. Analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk menghitung karakteristik responden dengan distribusi frekuensi, persentase, mean dan standar deviasi (sd). Uji t berpasangan digunakan untuk menganalisis pengaruh perbedaan sebelum dan sesudah bimbingan belajar melalui blended learning. Hasil: menunjukkan pelaksanaan bimbingan belajar melalui blended learning yang menunjukkan perbedaan sebelum dan sesudah mengikuti program bimbingan tutorial melalui blended learning, dengan nilai uji paired t test p = 0,000. Hasil lain dari bimbingan belajar melalui blended learning adalah layanan in-house training dan online training, 9 (sembilan) produk buku pengayaan uji kompetensi perawat. Kesimpulan: untuk meningkatkan hasil uji kompetensi perawat bahwa bimbingan dapat dilakukan secara tutorial dan online melalui program blended learning. Dengan demikian bimbingan belajar melalui blended learning dapat dijadikan sebagai alternatif bimbingan uji kompetensi keperawatan bagi mahasiswa keperawatan yang dapat mempersiapkan uji kompetensi perawat di Indonesia. Kata kunci: Uji Kompetensi, Perawat, Blended Learning, Keperawatan

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Laporan Penelitian
Depositing User: ENI SUMARLIYAH SUMARLIYAH
Date Deposited: 17 Jan 2022 10:06
Last Modified: 17 Jan 2022 10:06
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5933

Actions (login required)

View Item View Item