Badruli, Martati and Ratno Abidin, Ratno and Wahono, Wahono and Endah, HendarwatI and Aris, Setiawan (2015) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM LESSON STUDY UNTUK MENGASAH KEMAMPUAN ANALISIS MAHASISWA. DIDAKTIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 15 (3). pp. 82-87. ISSN P-ISSN: 1412-5889 E-ISSN: 2614-0578
PDF (Artikel)
Download (104kB) |
|
PDF (Hasil Cek Plagiasi)
Download (1MB) |
Abstract
Salah satu tujuan mata kuliah metodologi pembelajaran afektif adalah agar mahasiswa memiliki wawasan yang luas terkait perkembangan afektif anak usia dini. Usia perkembangan manusia pada masa anak usia dini disebut masa keemasan (golden age), suatu masa dimana anak secara khusus mudah menerima stimulus-stimulus dari lingkungan. Ada beberapa perkembangan pada anak usia dini, salah satunya adalah perkembangan sosial, dimana anak mulai membangun hubungan dengan keluarga mereka dan juga orang lain. Unsur-unsur perkembangan sosial tersebut yang perlu dibantu perkembangannya secara optimal oleh guru dan calon guru anak usia dini, dilakukan melalui penerapan problem based learning. Untuk meningkatkan kompetensi dosen dan kualitas pembelajaran dilakukan kegiatan Lesson Study di program Studi PG PAUD FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya, dimana proses sistematik dilaksanakan antara dosen yang berkolaborasi untuk merancang (plan) , mengamati (do) dan melakukan refleksi (see) terhadap mata kuliah metodologi pembelajaran afektif anak usia dini. Kata kunci: pembelajaran afektif, perkembangan sosial, anak usia dini, lesson study
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Badruli Martati |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 12:55 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 12:55 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6396 |
Actions (login required)
View Item |