Badruli, Martati and Ratno Abidin, Ratno and Wahono, Wahono and Endah, HendarwatI and Aris, Setiawan (2015) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM LESSON STUDY UNTUK MENGASAH KEMAMPUAN ANALISIS MAHASISWA. DIDAKTIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 15 (3). pp. 82-87. ISSN P-ISSN: 1412-5889 E-ISSN: 2614-0578
Artikel Penerapan Problem Based Learning (PBL) Dalam Lesson Study Untuk Mengasah Kemampuan Analisis Mahasiswa.pdf
Download (104kB) | Preview
Hasil Cek Plagiasi Artikel Penerapan Problem Based Learning.pdf
Download (1MB) | Preview
Abstract
Salah satu tujuan mata kuliah metodologi pembelajaran afektif adalah agar mahasiswa
memiliki wawasan yang luas terkait perkembangan afektif anak usia dini. Usia
perkembangan manusia pada masa anak usia dini disebut masa keemasan (golden age),
suatu masa dimana anak secara khusus mudah menerima stimulus-stimulus dari lingkungan.
Ada beberapa perkembangan pada anak usia dini, salah satunya adalah perkembangan
sosial, dimana anak mulai membangun hubungan dengan keluarga mereka dan juga orang
lain. Unsur-unsur perkembangan sosial tersebut yang perlu dibantu perkembangannya
secara optimal oleh guru dan calon guru anak usia dini, dilakukan melalui penerapan
problem based learning.
Untuk meningkatkan kompetensi dosen dan kualitas pembelajaran dilakukan kegiatan
Lesson Study di program Studi PG PAUD FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya,
dimana proses sistematik dilaksanakan antara dosen yang berkolaborasi untuk merancang
(plan) , mengamati (do) dan melakukan refleksi (see) terhadap mata kuliah metodologi
pembelajaran afektif anak usia dini.
Kata kunci: pembelajaran afektif, perkembangan sosial, anak usia dini, lesson study
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Badruli Martati |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 12:55 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 12:55 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6396 |