Inayati, Inayati and Idhoofiyatul, Fatin and Sujinah, Sujinah (2022) Penerapan Metode Field Trip Melalui Google Classroom dalam Pembelajaran Penulisan Teks Laporan Hasil Observasi di Masa Pandemi Covid-19. Belajar Bahasa, 7 (1). pp. 1-13. ISSN E-ISSN:2503-0329, P-ISSN:2502-5864
PDF (Artikel)
Download (1MB) |
|
PDF (Hasil Cek Plagiasi)
Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan metode field trip melalui diskusi daring Google Classroom. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan tes pada teknik pengumpulan datanya. Objek penelitian ini sejumlah 20 siswa SMP Muhammadiyah 4 Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 85. Siswa dapat menulis laporan hasil observasi secara lengkap sesuai struktur teks. Akan tetapi, dalam penulisan struktur tersebut, masih terdapat beberapa siswa yang memiliki kendala dalam menyebutkan simpulan dan definisi umum. Kendala tersebut menunjukkan bahwa perlu peningkatan kemampuan pengembangan paragraf berdasarkan objek yang diamati. Selain itu juga ditemukan kecenderungan menulis judul sama dengan objek pengamatan atau tema. Kata kunci: menulis; teks laporan hasil observasi; google classroom
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
Divisions: | Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | IDHOOFIYATUL FATIN FATIN |
Date Deposited: | 21 Mar 2023 10:17 |
Last Modified: | 21 Mar 2023 10:17 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6465 |
Actions (login required)
View Item |