Sakti, Sakti and Sujinah, Sujinah and Pheni Cahya, Kartika and Tining, Haryanti and Eko, Supriyanto (2022) Pengembangan e-Modul Puisi Rakyat Parikan Untuk Pencapaian Elemen Membaca dan Memirsa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5 (1). pp. 33-46. ISSN E-ISSN: 2654-4199
PDF (Artikel)
Download (657kB) |
|
PDF (Hasil Cek Plagiasi)
Download (3MB) |
Abstract
Berubahnya sebuah kurikulum tentu membuat pendidik harus cepat beradaptasi. Salah satunya adalah dari segi penggunaan bahan ajar yang digunakan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul yang disesuaikan dengan kurikulum prototipe. E-modul berisi kearifan lokal daerah Surabaya, yaitu parikan. Dalam penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yaitu 1) Analyze, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Kelayakan e-modul dinilai oleh 3 validator, yaitu validator ahli materi, validator ahli media, dan validator pengguna (user). Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-D SMP Muhammadiyah 15 Surabaya. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyebutkan bahwa e-modul yang dikembangkan layak untuk digunakan, dibuktikan dengan skor validasi 91,25% yang berarti sangat baik, validasi media memperoleh persentase sebesar 78,75% yang berarti baik, dan validasi pengguna memperoleh persentase sebesar 88,75% yang berarti baik. Jika diambil rata-rata dari ketiga validator tersebut, hasil validasi dari produk yang dikembangkan oleh peneliti adalah 86,25% yang berarti performa produk tersebut adalah baik. Kata kunci: Kurikulum prototipe; Kearifan lokal; Pengembangan bahan ajar; E-modul
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
Divisions: | Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | PHENI CAHYA KARTIKA |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 08:17 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 08:17 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6551 |
Actions (login required)
View Item |