UMSurabaya Repository

PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERCERITA DENGAN PANGGUNG BONEKA TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI KELOMPOK B PAUD MIFTAHUL ULUM AL-MUHAJIRIN PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SA’DIYAH, HALIMATUS (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERCERITA DENGAN PANGGUNG BONEKA TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI KELOMPOK B PAUD MIFTAHUL ULUM AL-MUHAJIRIN PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (2MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (554kB)

Abstract

Perkembangan bahasa anak dilihat dari tahapan anak mulai berbicara dengan kosa kata yang sedikit-demi sedikit. Maka dari itu untuk menstimulus agar anak cepat dalam berbahasa, orang tua bisa melakukan hal tersebut melalui cerita. Sehingga anak akan lebih tertarik dan juga cepat dalam menerima kosa kata yang baru. Bercerita merupakan salah satu metode pengembangan kosa kata anak yang tepat untuk diterapkan oleh orang tua maupun guru. Sehubungan dengan itu, untuk melatih anak agar terbiasa bercerita maka seorang guru bisa memberikan media yang menarik seperti boneka tangan. Boneka tangan merupakan boneka jari yang terbuat dari bahan fanel kemudian dibentuk pola sesuai yang diinginkan misalnya bentuk gajah, dan lain sebagainya. Boneka tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga dapat dimasukkan ke dalam jari-jari tangan manusia, sehingga dapat dimainkan oleh anak.Pendidikan Anak Usia Dini sangat penting dilaksanakan sebagai dasar bagi pembentukan kepribadian manusia secara utuh. Lima bidang pengembangan yang ada di Taman Kanak – kanak/RA yang harus dikembangkan sesuai dengan usianya, salah satunya adalah Bidang Pengembangan Bahasa. Bahasa mempunyai peranan penting bagi kehidupan manusia untuk bersosialisasi dengan masyarakat.Ada beberapa metode yang digunakan dalam menyampaikan materi salah satunya adalah metode bercerita, metode yang disenangi dan menarik bagi siswa Taman Kanak – Kanak/RA.Dari hal tersebut penulis ingin mengetahui bagaimana Peningkatan Kemampuan berbahasa melalui metode bercerita menggunakan panggung boneka pada siswa RA Miftahul Ulum Al-Muhajirin Pamekasan Tahun Pelajaran 2018/2019.Untuk mendapatkan hasil penelitian yang optimal penulis mengadakan penelitian di RA Miftahul ulum al-muhajirin Pamekasan Tahun Pelajaran 2018/2019, dengan subyek penelitian sebanyak 28 siswa.Penelitian ini merupakan studi korasional di RA Miftahul ulum al-muhajirin Pamekasan Tahun Pelajaran 2018/2019. dengan tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan berbahasa anak, dapat dilaksanakan dalam beberapa cara yaituSesuaidengan sifat permasalahannya.Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan RA Miftahul ulum al- muhajirin Pamekasan Tahun Pelajaran 2018/2019.sebagai sample penelitian yang ditetapkan dengan menggunakan metode populasi, serta pengumpulan data menggunakan metode angket, interview, observasi, dan dokumentasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing: 1. Drs. Wahyono, M.Si ; 2. Tri Kurniawati, S.Gz., M.Kes
Uncontrolled Keywords: Metode bercerita dengan panggung boneka, Kemampuan berbahasa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:57
Last Modified: 27 Jul 2023 02:57
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7555

Actions (login required)

View Item View Item