SA’DIYAH, HALIMATUS (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERCERITA DENGAN PANGGUNG BONEKA TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI KELOMPOK B PAUD MIFTAHUL ULUM AL-MUHAJIRIN PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PENDAHULUAN.pdf
Download (2MB) | Preview
BAB I.pdf
Download (1MB) | Preview
BAB II.pdf
Download (1MB) | Preview
BAB III.pdf
Download (1MB) | Preview
![Bab 4 [thumbnail of Bab 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![Bab 5 [thumbnail of Bab 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![Lampiran [thumbnail of Lampiran]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (554kB)
Abstract
Perkembangan bahasa anak dilihat dari tahapan anak mulai berbicara
dengan kosa kata yang sedikit-demi sedikit. Maka dari itu untuk menstimulus agar
anak cepat dalam berbahasa, orang tua bisa melakukan hal tersebut melalui cerita.
Sehingga anak akan lebih tertarik dan juga cepat dalam menerima kosa kata yang
baru. Bercerita merupakan salah satu metode pengembangan kosa kata anak yang
tepat untuk diterapkan oleh orang tua maupun guru. Sehubungan dengan itu,
untuk melatih anak agar terbiasa bercerita maka seorang guru bisa memberikan
media yang menarik seperti boneka tangan. Boneka tangan merupakan boneka jari
yang terbuat dari bahan fanel kemudian dibentuk pola sesuai yang diinginkan
misalnya bentuk gajah, dan lain sebagainya. Boneka tersebut dibuat sedemikian
rupa sehingga dapat dimasukkan ke dalam jari-jari tangan manusia, sehingga
dapat dimainkan oleh anak.Pendidikan Anak Usia Dini sangat penting
dilaksanakan sebagai dasar bagi pembentukan kepribadian manusia secara utuh.
Lima bidang pengembangan yang ada di Taman Kanak – kanak/RA yang harus
dikembangkan sesuai dengan usianya, salah satunya adalah Bidang
Pengembangan Bahasa. Bahasa mempunyai peranan penting bagi kehidupan
manusia untuk bersosialisasi dengan masyarakat.Ada beberapa metode yang
digunakan dalam menyampaikan materi salah satunya adalah metode bercerita,
metode yang disenangi dan menarik bagi siswa Taman Kanak – Kanak/RA.Dari
hal tersebut penulis ingin mengetahui bagaimana Peningkatan Kemampuan
berbahasa melalui metode bercerita menggunakan panggung boneka pada siswa
RA Miftahul Ulum Al-Muhajirin Pamekasan Tahun Pelajaran 2018/2019.Untuk
mendapatkan hasil penelitian yang optimal penulis mengadakan penelitian di RA
Miftahul ulum al-muhajirin Pamekasan Tahun Pelajaran 2018/2019, dengan
subyek penelitian sebanyak 28 siswa.Penelitian ini merupakan studi korasional di
RA Miftahul ulum al-muhajirin Pamekasan Tahun Pelajaran 2018/2019. dengan
tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan
berbahasa anak, dapat dilaksanakan dalam beberapa cara yaituSesuaidengan sifat
permasalahannya.Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan RA Miftahul ulum al-
muhajirin Pamekasan Tahun Pelajaran 2018/2019.sebagai sample penelitian yang
ditetapkan dengan menggunakan metode populasi, serta pengumpulan data
menggunakan metode angket, interview, observasi, dan dokumentasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing: 1. Drs. Wahyono, M.Si ; 2. Tri Kurniawati, S.Gz., M.Kes |
Uncontrolled Keywords: | Metode bercerita dengan panggung boneka, Kemampuan berbahasa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 1348 not found. |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 02:57 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 02:57 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7555 |