UMSurabaya Repository

i MENINGKATKAN KECERDASAN BERBAHASA MENGENAL HURUF VOKAL MELALUI PERMAINAN WAYANG MINI PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK BERMAIN PERMATA INDAH TEBUWUNG

HUSNADAH, HUSNADAH (2019) i MENINGKATKAN KECERDASAN BERBAHASA MENGENAL HURUF VOKAL MELALUI PERMAINAN WAYANG MINI PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK BERMAIN PERMATA INDAH TEBUWUNG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (2MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kecerdasan Berbahasa adalah suatu kemampuan yang berkaitan dengan pengucapan, percakapan. Karena dengan berbahasa menjadikan berkomunikasi antara satu orang dengan orang lain dan apa yang ingin disampaika bisa tersalurkan, Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pembelajaran melalui media Permainan Wayang Mini pada anak kelompok bermain Permata Indah Tebuwung, Bagaimana minat baca anak melalui Media Permainan Wayang Mini pada anak kelompok bermain Permata Indah Tebuwung. Penelitian ini bertujuan untuk Mendiskripsikan permasalahan yang dihadapi anak dalam pelaksanaan pembelajaran mengenal huruf vocal melalui Permainan Wayang Mini di Kober Permata Indah Tebuwung, Mendiskripsikan kegiatan pembelajaran mengenal huruf vocal melalui Permainan Wayang Mini di kober Permata Indah Tebuwung.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindaka Kelas. Teknik Pengumpulan Data dengan cara mengamati proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru meliputi: Perhatian anak saat pembelajaran, Aktivitas anak saat pembelajaran, Motivasi anak saat pembelajaran, serta Kemampuan anak melaksanakan tugas. Objek Penelitiannya adalah Anak Usia Dini Kelompok Bermain permata indah tebuwung yang berjumlah 16 anak. Dari hasil penelitian pra siklus terdapat 4 anak (25%) mampu mengenal huruf vokal, menyebutkan huruf vokal, dan membedakan huruf vocal dengan benar. Pada siklus I baru mencapai 7 anak (43, 75 %) mampu mengenal huruf vokal, menyebutkan huruf vokal, dan membedakan huruf vocal dengan benar. Pada siklus II telah mencapai 12 anak (75 %) mampu mengenal huruf vokal, menyebutkan huruf vokal, dan membedakan huruf vocal dengan benar, yang berarti hasil belajar telah tuntas. karena selama ini guru mengajarnya masih monoton menggunakan papan tulis, maka perlu diadakan pembelajaran menggunakan media wayang mini. Dengan media Tersebuat anak lebih mudah dalam memahami huruf vokal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing: 1. Drs. Wahyono, M.Si ; 2. Aris Setiawan, S,Sn., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Huruf Vokal, Wayang Mini.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:01
Last Modified: 27 Jul 2023 03:01
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7557

Actions (login required)

View Item View Item