i MENINGKATKAN KECERDASAN BERBAHASA MENGENAL HURUF VOKAL MELALUI PERMAINAN WAYANG MINI PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK BERMAIN PERMATA INDAH TEBUWUNG

HUSNADAH, HUSNADAH (2019) i MENINGKATKAN KECERDASAN BERBAHASA MENGENAL HURUF VOKAL MELALUI PERMAINAN WAYANG MINI PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK BERMAIN PERMATA INDAH TEBUWUNG. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[thumbnail of Pendahuluan]
Preview
PDF (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 2]
Preview
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 3]
Preview
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kecerdasan Berbahasa adalah suatu kemampuan yang berkaitan dengan
pengucapan, percakapan. Karena dengan berbahasa menjadikan berkomunikasi
antara satu orang dengan orang lain dan apa yang ingin disampaika bisa tersalurkan,
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pembelajaran melalui
media Permainan Wayang Mini pada anak kelompok bermain Permata Indah
Tebuwung, Bagaimana minat baca anak melalui Media Permainan Wayang Mini
pada anak kelompok bermain Permata Indah Tebuwung. Penelitian ini bertujuan
untuk Mendiskripsikan permasalahan yang dihadapi anak dalam pelaksanaan
pembelajaran mengenal huruf vocal melalui Permainan Wayang Mini di Kober
Permata Indah Tebuwung, Mendiskripsikan kegiatan pembelajaran mengenal huruf
vocal melalui Permainan Wayang Mini di kober Permata Indah Tebuwung.Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindaka Kelas. Teknik
Pengumpulan Data dengan cara mengamati proses kegiatan belajar mengajar yang
dilakukan oleh guru meliputi: Perhatian anak saat pembelajaran, Aktivitas anak saat
pembelajaran, Motivasi anak saat pembelajaran, serta Kemampuan anak
melaksanakan tugas. Objek Penelitiannya adalah Anak Usia Dini Kelompok
Bermain permata indah tebuwung yang berjumlah 16 anak. Dari hasil penelitian pra
siklus terdapat 4 anak (25%) mampu mengenal huruf vokal, menyebutkan huruf
vokal, dan membedakan huruf vocal dengan benar. Pada siklus I baru mencapai 7
anak (43, 75 %) mampu mengenal huruf vokal, menyebutkan huruf vokal, dan
membedakan huruf vocal dengan benar. Pada siklus II telah mencapai 12 anak (75
%) mampu mengenal huruf vokal, menyebutkan huruf vokal, dan membedakan
huruf vocal dengan benar, yang berarti hasil belajar telah tuntas. karena selama ini
guru mengajarnya masih monoton menggunakan papan tulis, maka perlu diadakan
pembelajaran menggunakan media wayang mini. Dengan media Tersebuat anak
lebih mudah dalam memahami huruf vokal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Additional Information: Dosen Pembimbing: 1. Drs. Wahyono, M.Si ; 2. Aris Setiawan, S,Sn., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Huruf Vokal, Wayang Mini.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 1348 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:01
Last Modified: 27 Jul 2023 03:01
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7557

Actions (login required)

View Item
View Item