UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI METODE PERMAINAN BERHITUNG PADA KELOMPOK B3 RA. HIDAYATUL HIKMAH DESA LOLAWANG KECAMATAN NGORO KABUPATEN MOJOKERTO

SETIYAWATI, ITA (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI METODE PERMAINAN BERHITUNG PADA KELOMPOK B3 RA. HIDAYATUL HIKMAH DESA LOLAWANG KECAMATAN NGORO KABUPATEN MOJOKERTO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (2MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bermain merupakan suatu aktivitas di mana anak dapat melakukan atau mempraktikkan keterampilan, memberikan ekspresi terhadap pemikiran, menjadi kreatif, serta mempersiapkan diri untuk berperan dan berperilaku dewasa. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah. 1) Mendeskripsikan aktifitas guru dan anak ketika kegiatan dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak menggunakan metode permainan berhitung. 2) Respon anak dalam upaya meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui metode permainan berhitung. 3) Mendeskripsikan kegiatan dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak menggunakan metode permainan berhitung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research), karena dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Data dikumpulkan dengan teknik Observasi dan Dokumentasi. lembar observasi yang terdiri dari: (a) Lembar observasi aktivitas guru. (b) Lembar observasi aktivitas anak. dan (c) Lembar observasi kemampuan berhitung anak melalui kegiatan . Sedangkan dokumentasi yang diambil antara lain: (a) Daftar nama anak Kelompok B3 RA. Hidayatul Hikmah Desa Lolawang Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto (b) Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) (c) Rencana Kegiatan Harian (RKH), dan (d) Foto kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Aktifitas guru mengalami peningkatan dari Siklus I sebesar 77,78 persen, pada Siklus II naik menjadi sebesar 88,89 persen dan pada Siklus III naik menjadi sebesar 100 persen. 2) Aktifitas anak mengalami peningkatan dari Siklus I sebesar 44,45 persen, pada Siklus II naik menjadi sebesar 66,67 persen dan pada Siklus III naik menjadi sebesar 100 persen. 3) Respon anak mengalami peningkatan dari Siklus I sebesar 53,34 persen, pada Siklus II naik menjadi sebesar 86,67 persen dan pada Siklus III naik menjadi sebesar 100 persen. 4) metode permainan berhitung untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak mengalami peningkatan dari Siklus I sebesar 58,52 persen, pada Siklus II naik menjadi sebesar 80,75 persen dan pada Siklus III naik menjadi sebesar 100 persen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing: 1. DR. M. Ridlwan, M.Pd ; 2. Ratno Abidin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: berhitung, permainan berhitung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:31
Last Modified: 27 Jul 2023 03:31
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7569

Actions (login required)

View Item View Item