UMSurabaya Repository

PENGGUNAAN MEDIA KERETA ANGKA DALAM MENGENALKAN BILANGAN 1-10 PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK A TK HANDAYANI PUTRA TAMBAKSARI SURABAYA

Wahyuni, Wahyuni (2019) PENGGUNAAN MEDIA KERETA ANGKA DALAM MENGENALKAN BILANGAN 1-10 PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK A TK HANDAYANI PUTRA TAMBAKSARI SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (pendahuluan)
Download (2MB)
[img] PDF (BAB 1)
Download (1MB)
[img] PDF (BAB 2)
Download (1MB)
[img] PDF (BAB 3)
Download (1MB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran matematika pada anak usia dini secara terpadu dilakukan melalui tema-tema pembelajaran yang paling dekat dengan konteks kehidupan anak lingkungan sekitar dan pengalaman riil. Pengenalan konsep bilangan 1-10 pada kelompok A di TK Handayani Putra Kecamatan Tambaksari Kota Surabaya masih mengalami kesulitan dan kurang minatnya belajar anak dalam mengenal bilangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan anak usia dini dalam mengenal angka 1-10 melalui penerapan media kereta angka untuk dapat menstimulasi kemampuan kognitif anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif karena peneliti ingin mempelajari fenomena- fenomena untuk memperoleh data yang bersifat apa adanya dan hasilnya lebih menekankan maknayang kemudian dikembangkan dalam analisa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara, dokumentasi, dalam pengamatan terhadap kemampuan berhitung anak, serta wawancara berupa usaha pengumpulan informasi dengan menggunakan sejumlah pertanyaan lisan. Subjek pada penelitian ini pada anak sejumlah 17 siswa yang ada pada kelompok A yang berusia 4-5 tahun. Data diambil secara total sampling. Hasil pada penelitian ini bahwa penggunaan media kereta mpuan mengenal bilangan 1-10 pada anak usia 4- 5 menunjukkan tahun kegiatan diama angka menunjukkan ada lima anak yang mendapatkan hasil berkembang sangat baik (BSB) dalam membilang, menyebut, mengenal konsep bilangan serta menirukan bilangan 1-10. Ada 10 anak mendapatkan hasil berkembang sesuai harapan (BSH) dalam menyebutkan serta menirukan lambang bilangan 1-10.Namun masih ada satu anak yang mendapatkan nilai mulai berkembang (MB) serta satu anak yang mendapatkan nilai belum berkembang (BB) dalam menirukan bilangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing Aris Setiawan, S.Sn.,M.Pd Aristiana Prihatining Rahayu, S.Sos.,M.Med. Kom
Uncontrolled Keywords: anak usia dini, media kereta angka, pengenalan bilangan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Adhi Dewantara
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:40
Last Modified: 27 Jul 2023 03:40
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7571

Actions (login required)

View Item View Item