UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN LEGGO PADA KELOMPOK A TK. ISLAM PLUS ARROSYIID KOTA MOJOKERTO

IFTITA, KHUSNUL (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN LEGGO PADA KELOMPOK A TK. ISLAM PLUS ARROSYIID KOTA MOJOKERTO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (2MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah. (1) Untuk mendeskripsikan aktifitas guru dan anak ketika kegiatan dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan awal dengan bermain leggo pada Kelompok A TK. Islam Plus Arrosyiid Kota Mojokerto (2) Untuk mendeskripsikan kegiatan dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan awal dengan bermain leggo pada Kelompok A TK. Islam Plus Arrosyiid Kota Mojokerto Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research), karena dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Data dikumpulkan dengan teknik Observasi dan Dokumentasi. lembar observasi yang terdiri dari: (a) Lembar observasi aktivitas guru. (b) Lembar observasi aktivitas anak. dan (c) Lembar observasi kemampuan keaksaraan awal melalui kegiatan . Sedangkan dokumentasi yang diambil antara lain: (a) Daftar nama anak Kelompok A TK. Islam Plus Arrosyiid Kota Mojokerto (b) Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) (c) Rencana Kegiatan Harian (RKH), dan (d) Foto kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas guru mengalami peningkatan dari Siklus I sebesar 66,67 %, meningkat pada Siklus II sebesar 88,89 %, dan meningkat pada Siklus III sebesar 100 %, aktifitas anak mengalami peningkatan dari Siklus I sebesar 44,45 %, meningkat pada Siklus II sebesar 66,67 %, dan meningkat pada Siklus III sebesar 88,89 %, respon anak mengalami peningkatan dari Siklus I sebesar 50 %, meningkat pada Siklus II sebesar 72,23 %, dan meningkat pada Siklus III sebesar 94,45 %, kegiatan mengalami peningkatan dari Siklus I sebesar 53,71 %.meningkat pada Siklus II sebesar 75,93 %.dan meningkat pada Siklus III sebesar 94,45 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing: 1. DR. M. Ridlwan, M.Pd. ; 2. Ratno Abidin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: keaksaraan awal, geometri, leggo, balok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:57
Last Modified: 27 Jul 2023 03:57
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7580

Actions (login required)

View Item View Item