UMSurabaya Repository

PENGEMBANGAN SOAL BAHASA INDONESIA HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) SMP KELAS VII SEMESTER GENAP (Teori Krulik-Rudnick dan Anderson&Krathwhol)

ABID, HUSNUL (2019) PENGEMBANGAN SOAL BAHASA INDONESIA HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) SMP KELAS VII SEMESTER GENAP (Teori Krulik-Rudnick dan Anderson&Krathwhol). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (2MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengembangkan soal Bahasa Indonesia HOTS (Higher Order Thingking Skills) SMP kelas VII semester genap menggunakan teori Krulik-Rudnick dan Anderson&Karthwohl. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan model pengambangan (research and developemnt/R&D). Data di kumpulkan dengan cara angket dan Tes. Jumlah populasi penelitian sebanyak 34 siswa di SMP Negeri 11 Surabaya dengan 40 butir soal Bahasa Indonesia Semester Genap berbasis HOTS (Higher Order Thingking Skills). Hasil penelitian pertama yaitu validitas, dari dua validator ahli dan pengguna dari hasil rata-rata tiap aspek (1) materi mendapat 3,25, aspek (2) kontruksi mendapat 3,4, dan aspek (3) bahasa dan budaya mendapat 3, rata-rata total yang di dapat 4,8. Hasil penelitian kedua uji coba terbatas soal HOTS (Higher Order Thingking Skills) dengan menggunakan program ITEMAN (Item and Test Analysis) untuk uji validitas, reliabilias, daya pembeda, taraf kesukaran dan pengecoh. Adapun hasil validitas dan reliabilitas untuk mengukur tingkat kevalidan soal menujukkan (1) Analisis Validitas soal yang berjumlah 40 mendapatkan soal valid sebanyak 24 yaitu 60,00% dan tidak valid 16 butir soal yaitu 40,00%. (2) Hasil uji reliabilitas berkategori baik dengan mendapat 0.705 Alpha (3) uji daya pembeda mendapatkan 85,00% soal bernilai positif dan 15.00% bernilai negatif (4) Hasil uji taraf kesukaran dari 40 soal terdapat 11 berkategori mudah yakni 27.5%, berkategori sedang 16 soal yakni 40.00% dan berkategori sukar 13 soal yaitu 32.5% (5) Hasil dari pengecoh dari keseluruahn dari kunci jawaban yang berfungsi 13 butir soal yakni 32.5%, untuk pengecoh berfungsi sebagian 25 soal yakni 62,5% dan untuk pengecoh yang seluruhnya tidak berfungsi 2 soal yaitu 5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Dr. Sujinah, M.Pd ; 2. R. Panji Hermoyo, S.Sos,. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan soal, Higher Order Thingking Skills, ITEMAN, SMP.
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Muhammad Faizal Ramadhani
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:12
Last Modified: 27 Jul 2023 04:12
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7586

Actions (login required)

View Item View Item