UMSurabaya Repository

BELAJAR DAN BERMAIN LARI HALANG RINTANG UNTUK MENINGKATAN KELINCAHAN ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN I GUBUGKLAKAH MALANG

MUFITA, LILIK (2018) BELAJAR DAN BERMAIN LARI HALANG RINTANG UNTUK MENINGKATAN KELINCAHAN ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN I GUBUGKLAKAH MALANG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (2MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kelincahan pada anak Kelompok B DI TK Dharma Wanita Persatuan I Poncokusmo Malang melalui aktivitas belajar dan bermain lari halang rintang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan tiga kali pertemuan, dan pada setiap pertemuan menunjukkan tahapan perkembangan proses pembelajaran kelincahan melalui aktivitas belajar dan bermain lari halang rintang. Subyek penelitian adalah anak didik kelompok B yang berjumlah 27 anak, terdiri dari 19 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila mencapai 76%. ( KKM, yang telah ditetapkan ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dengan desain aktivitas terdiri dari permainan lari halang rintang dengan modifikasi zigzag run, shuttle run, dan boomerang run, kelincahan anak meningkat menjadi 29,3%. Pada Siklus II desain aktivitas terdiri dari permainan halang rintang dengan modifikasi zigzag run, shuttle run, dan boomerang run dilakukan secara kompetisi dan pemberian reward. Penelitian ini dihentikan pada Siklus II karena sudah memenuhi kriteria indikator keberhasilan yakni 76 % yang ditetapkan. Sedangkan Siklus II mencapai 96,2% artinya telah mencapai diatas KKM yang telah ditetapkan. Langkah-langkah bermain halang rintang yang dapat meningkatkan kelincahan anak Kelompok B terdiri dari aktivitas bermain halang rintang dengan modifikasi zigzag run, shuttle run, dan boomerang run. Langkah bermain lari halang rintang dengan modifikasi zigzag run yaitu anak berlari secara zigzag melewati rintangan. Selanjutnya, bermain halang rintang dengan modifikasi shuttle run dapat dilakukan dengan langkah-langkah (1) anak berlari bolak-balik dengan melewati rintangan, (2) anak berlari bolak-balik secara zigzag dengan melewati rintangan. Bermain halang rintang dengan modifikasi boomerang run dilakukan dengan berlari dari satu titik ke titik yang lain secara melingkar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing: 1. Ratno Abidin, M.Pd ; 2. Aris Setiawan, S,Sn., M.Pd
Uncontrolled Keywords: kelincahan, aktivitas lelajar dan bermain halang rintang, kelompok B.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:43
Last Modified: 27 Jul 2023 04:43
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7591

Actions (login required)

View Item View Item