UMSurabaya Repository

UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE KATA LEMBAGA PADA ANAK KELOMPOK A TK DIPONEGORO I WONOSARI MALANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

KULATUL IMRINA, NANIK (2018) UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE KATA LEMBAGA PADA ANAK KELOMPOK A TK DIPONEGORO I WONOSARI MALANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (2MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia yang terdiri atas keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis permulaan anak kelmpok B TK Diponegoro 1 dengan menggunakan model pembelajaran TPS. Penelitian dilaksanakan dengan rancangan penelitian tindakan kelas terdiri atas dua siklus, masing-masing siklus dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan 39 anak Kelompok A TK Diponegoro 1 Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang.. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan di setiap pertemuan, dari siklus I pertemuan 1 memperoleh kriteria baik, siklus I pertemuan 2 memperoleh kriteria baik, siklus II pertemuan 1 memperoleh kriteria baik, dan siklus II pertemuan 2 memperoleh kriteria sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa juga menunjukkan adanya peningkatan di setiap pertemuan, dari siklus I pertemuan 1 memperoleh kriteria cukup, siklus I pertemuan 2 memperoleh kriteria baik, siklus II pertemuan 1 memperoleh kriteria baik, dan siklus II per-temuan 2 memperoleh kriteria sangat baik. Ketuntasan belajar klasikal juga menunjukkan adanya peningkatan siklus I pertemuan 1 dengan ketuntasan klasikal 51,29%, siklus I pertemuan 2 dengan ketuntasan klasikal 58,97%, siklus II per-temuan 1 dengan ketuntasan klasikal 74,36%, dan siklus II pertemuan 2 dengan ketuntasan klasikal 87,18%. Kesimpulan dapat meningkatkan hasil penelitian, kerampilan menulis anak kelompok A TK Diponegoro 1 Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing: 1. Dr. M. Ridlwan, M.Pd ; 2. Drs. Wahyono, M.Si
Uncontrolled Keywords: model TPS, Menulis permulaan, anak kelompok.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:15
Last Modified: 27 Jul 2023 06:15
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7600

Actions (login required)

View Item View Item