UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI KEGIATAN BERMAIN AKTIF PADA ANAK KELOMPOK A DI KB AL YASMINE BELUNG PONCOKUSUMO KABUPATEN MALANG

JUMARIAH, JUMARIAH (2020) MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI KEGIATAN BERMAIN AKTIF PADA ANAK KELOMPOK A DI KB AL YASMINE BELUNG PONCOKUSUMO KABUPATEN MALANG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (PENDAHULUAN)
Download (484kB)
[img] PDF (BAB 1)
Download (174kB)
[img] PDF (BAB 2)
Download (307kB)
[img] PDF (BAB 3)
Download (226kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri pada anak kelompok B di KB Al Yasmine Belung Poncokusumo Kabupaten Malang. Model penelitian ini menggunakan pendekatan PTK dengan mengambil model Kemmis dan Mc. Taggart. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Subjek pada penelitian ini adalah anak kelompok B di KB Al Yasmine Belung Poncokusumo Kabupaten Malang yang terdiri atas 24 anak, yaitu 14 anak perempuan, 10 anak laki-laki, dengan rentan usia 5-6 tahun. Obyek penelitian adalah rasa percaya diri. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode observasi dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Teknik analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa kegiatan bermain aktif yang dilakukan dalam 2 siklus dapat meningkatkan rasa percaya diri anak. Peningkatan rasa percaya diri tersebut dapat dilihat dari hasil data observasi yang diperoleh setiap siklus mengalami peningkatan. Sebelum tindakan ketuntasan rasa percaya diri anak pada kriteria belum berkembang 2 anak (8,33%), mulai berkembang 14 anak (58,3%), berkembang sesuai harapan 7 anak (29,17%), dan kriteria berkembang sangat baik hanya terdapat 1 anak (4,17%). Pada siklus I ketuntasan rasa percaya diri anak meningkat untuk kriteria belum berkembang sejumlah 0 anak(0%). Mulai berkembang 6 anak (25%) pada kriteria berkembang sesuai harapan 12 anak ( 50%) dan berkembang sangat baik ada 6 anak (25%). Pada siklus II mengalami peningkatan kriteria belum berkembang 0 anak (0%), mulai berkembang 1 anak (4,17%), pada kriteria berkembang sesuai harapan ada 10 anak (41,67%) dan berkembang sangat baik ada 13 anak (54,17%) sehingga pembelajaran dapat dikatakan berhasil karena terdapat 23 anak (95,84%) dari 24 jumlah anak kelompok B di KB Al Yasmine Belung Poncokusumo Kabupaten Malang. telah mencapai indikator keberhasilan. Penelitian ini dihentikan sampai siklus II karena sudah memenuhi kriteria indikator keberhasilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen pembimbing 1. Ratno Abidin, M Pd 2. Drs, Wahono, M Si
Uncontrolled Keywords: JUMARIAH
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Adhi Dewantara
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:31
Last Modified: 27 Jul 2023 06:31
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7604

Actions (login required)

View Item View Item