UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK MELALUI METODE BERCERITA PADA KELOMPOK B TK. KEMALA BHAYANGKARI 87 MOJOSARI MOJOKERTO

Hidayati, Sri (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK MELALUI METODE BERCERITA PADA KELOMPOK B TK. KEMALA BHAYANGKARI 87 MOJOSARI MOJOKERTO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan sosial-emosional pada 24 anak pada Kelompok B TK. Kemala Bhayangkari 87 Mojosari Mojokerto masih kurang. Hal ini terlihat ketika guru memberikan pertanyaan bagaimana memindahkan benda dari tangan, mencoret-coret, menyusun balok, menggunting, menulis dan sebagainya anak masih malu-malu, bingung dan kurang antusias untuk menanggapi perintah dari guru. Terkait dengan permasalahan yang terjadi pada Kelompok B TK. Kemala Bhayangkari 87 Mojosari Mojokerto tersebut, peneliti ingin menggunakan kegiatan , sebagai solusi agar kemampuan sosial-emosional anak meningkat. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah. (1) Untuk mendeskripsikan aktifitas guru dan anak ketika kegiatan meningkatkan kemampuan sosial-emosional anak melalui metode bercerita. (2) Untuk mendeskripsikan respon anak dalam kegiatan meningkatkan kemampuan sosial-emosional anak melalui metode bercerita (3) Untuk mendeskripsikan kegiatan meningkatkan kemampuan sosial-emosional anak melalui metode bercerita. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research), karena dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Data dikumpulkan dengan teknik Observasi dan Dokumentasi. lembar observasi yang terdiri dari: (a) Lembar observasi aktivitas guru. (b) Lembar observasi aktivitas anak. dan (c) Lembar observasi kemampuan sosial-emosional anak . Sedangkan dokumentasi yang diambil antara lain: (a) Daftar nama anak Kelompok B TK. Kemala Bhayangkari 87 Mojosari Mojokerto (b) Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) (c) Rencana Kegiatan Harian (RKH), dan (d) Foto kegiatan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pada siklus I pertemuan I seluruh aktifitas memperoleh skor hanya 66,3925 persen dan meningkat pada siklus I pertemuan 2 menjadi 75,28 persen dan pada siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi 88,8925 persen dan pada siklus II pertemuan 2 mengami peningkatan signifikan yaitu sebesar 98,335 persen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Drs. Wahono, M.Si ; 2. Aris Setiawan, S.Sn, M.Pd
Uncontrolled Keywords: sosial-emosional anak, bercerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Lailil Aswiyatul Mustdzalifah
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:55
Last Modified: 27 Jul 2023 06:55
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7606

Actions (login required)

View Item View Item