UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA TULIS ANAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE-A-MATCH PADA KELOMPOK B1 RA. HIDAYATUL HIKMAH DESA LOLAWANG KECAMATAN NGORO KABUPATEN MOJOKERTO

Rahayuningsih, Sri (2019) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA TULIS ANAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE-A-MATCH PADA KELOMPOK B1 RA. HIDAYATUL HIKMAH DESA LOLAWANG KECAMATAN NGORO KABUPATEN MOJOKERTO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (2MB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Berbagai kendala dan hambatan yang terlihat pada anak adalah keterampilan berbahasa tulis anak masih rendah, masih banyak yang kuirang percaya diri untuk melakukan kegiatan-kegiatan dalam upaya mengembangkan keterampilan berbahasa tulis. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah. (1) Untuk mendeskripsikan aktifitas guru dan anak ketika kegiatan dalam meningkatkan keterampilan berbahasa tulis anak dengan model pembelajaran Make-a-Match (2) Untuk mendeskripsikan kegiatan dalam meningkatkan keterampilan berbahasa tulis anak dengan model pembelajaran Make-a-Match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research), karena dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Data dikumpulkan dengan teknik Observasi dan Dokumentasi. lembar observasi yang terdiri dari: (a) Lembar observasi aktivitas guru. (b) Lembar observasi aktivitas anak. dan (c) Lembar observasi keterampilan berbahasa tulis anak melalui kegiatan . Sedangkan dokumentasi yang diambil antara lain: (a) Daftar nama anak Kelompok B1 RA. Hidayatul Hikmah Desa Lolawang Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto (b) Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) (c) Rencana Kegiatan Harian (RKH), dan (d) Foto kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) aktifitas guru mengalami peningkatan dari Siklus I pertemuan 1 sebesar 66,67 persen, pada Siklus I pertemuan 2 naik menjadi sebesar 88,89 persen pada Siklus II pertemuan 1 naik menjadi sebesar 100 persen dan pada Siklus II pertemuan 2 naik menjadi 100 persen. 2) aktifitas anak mengalami peningkatan dari Siklus I pertemuan 1 sebesar 33,34 persen, pada Siklus I pertemuan 2 naik menjadi sebesar 55,56 persen pada Siklus II pertemuan 1 naik menjadi sebesar 88,89 persen dan pada Siklus II pertemuan 2 naik menjadi 100 persen. 3) keterampilan berbahasa tulis mengalami peningkatan dari Siklus I pertemuan 1 sebesar 46,67 persen, pada Siklus I pertemuan 2 naik menjadi sebesar 73,34 persen pada Siklus II pertemuan 1 naik menjadi sebesar 100 persen dan pada Siklus II pertemuan 2 naik menjadi 100 persen. 4) model pembelajaran Make-a-Match untuk meningkatkan keterampilan berbahasa tulis anak mengalami peningkatan dari Siklus I pertemuan 1 sebesar 48,89 persen, pada Siklus I pertemuan 2 naik menjadi sebesar 72,6 persen pada Siklus II pertemuan 1 naik menjadi sebesar 96,3 persen dan pada Siklus II pertemuan 2 naik menjadi 100 persen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Drs. Wahono, M.Si ; 2. Aris Setiawan, S.Sn, M.Pd
Uncontrolled Keywords: berbahasa tulis, Make-a-Match
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Lailil Aswiyatul Mustdzalifah
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:07
Last Modified: 27 Jul 2023 07:07
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7607

Actions (login required)

View Item View Item