UMSurabaya Repository

POLA KOMUNIKASI GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Studi Kasus pada TK SPS Melati Pakisaji Malang)

Novitanti, Tridiana (2018) POLA KOMUNIKASI GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Studi Kasus pada TK SPS Melati Pakisaji Malang). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (2MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (579kB)

Abstract

Komunikasi merupakan landasan utama dalam kehidupan. Kata merupakan salah satu unsur dalam sebuah pesan yang disampaikan dalam komunikasi. Salah satu fungsi komunikasi adalah mendidik dan membimbing salah satunya adalah dengan menanamkan kata-kata yang baik kepada anak usia dini. Pendidikan Anak Usia Dini bertujuan untuk membantu meletakkan dasar ke arah perkembangan, sikap, perilaku, keterampilan, dan daya cipta yang diperlukan anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya serta untuk pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya. Pendidikan anak usia dini merupakan landasan penting dan pondasi bagi anak untuk melanjutkan hidupnya di masa mendatang. Pada pendidikan usia dini, yaitu pada saat usia anak 0-6 tahun atau pada usia emas, ditanamkan nilai-nilai awal kehidupan sebagai pegangan di kehidupan yang akan datang. Dalam penelitian yang dilakukan, penulis ingin mengetahui bagaimana pola komunikasi guru pendidikan anak usia dini dan faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat dalam proses komunikasi guru pendidikan anak usia dini di TK SPS Melati. Metode yang digunakan dalam penelitian di TK SPS Melati yaitu studi kasus yang berusaha menjelaskan secara lebih rinci dengan jenis penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan sosiologi, komunikasi, psikologi, dan agama dengan tahapan penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu menggunakan teknik analisis data. Sehingga dapat diketahui bagaimana pola komunikasi guru pendidikan anak usia dini dan faktor apa yang mendukung dan menghambat proses komunikasi guru pendidikan anak usia dini di TK SPS Melati . Penelitian ini menggunakan teori belajar mengajar dan teori interaksi simbolik. Dari hasil temuan di lokasi penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa pola komunikasi yang sering digunakan adalah pola komunikasi satu arah dan pola komunikasi dua arah. Faktor pendukung dalam proses komunikasi adalah adanya fasilitas yang memadai, alat peraga, serta buku-buku pelajaran yang sangat dibutuhkan anak didik. Sedangkan faktor penghambat dalam proses komunikasi adalah hambatan dari proses komunikasi, hambatan fisik, hambatan semantik dan hambatan psikologis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Dr. M. Ridlwan, M.Pd ; 2. Drs. Wahono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Anak usia dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Lailil Aswiyatul Mustdzalifah
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:48
Last Modified: 27 Jul 2023 07:48
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7614

Actions (login required)

View Item View Item