UMSurabaya Repository

PENERAPAN ‘PEMBELAJARAN MODEL CRITICAL INCIDENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTOR PADA KELOMPOK B RA. ROUDLOTUL ULUM TUWIRI SEDURI - MOJOSARI - MOJOKERTO

Cahaya Ratna, Sandi (2020) PENERAPAN ‘PEMBELAJARAN MODEL CRITICAL INCIDENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTOR PADA KELOMPOK B RA. ROUDLOTUL ULUM TUWIRI SEDURI - MOJOSARI - MOJOKERTO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (PENDAHULUAN)
Download (656kB)
[img] PDF (BAB 1)
Download (103kB)
[img] PDF (BAB 2)
Download (146kB)
[img] PDF (BAB 3)
Download (151kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Registered users only

Download (6kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Registered users only

Download (419kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah. (1) Mendeskripsikan perbedaan kemampuan psikomotor anak yang diajar sebelum menggunakan strategi pembelajaran critical incident dan setelah menggunakan strategi pembelajaran critical incident pada kelompok B RA. Roudlotul Ulum Tuwiri - Seduri - Mojosari - Mojokerto (2) mendeskripsikan interaksi strategi pembelajaran critical incident terhadap kemampuan psikomotor pada kelompok B RA. Roudlotul Ulum Tuwiri - Seduri - Mojosari - Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis komparatif dan eksperimental. Desain eksperimen kuasi time series one-group Pre-Test-Post-Test dengan obyek penelitian pada kelompok B RA. Roudlotul Ulum Tuwiri - Seduri - Mojosari - Mojokerto sebanyak 16 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan tes menggunakan media WhatsApp. Analisis data menggunakan teknik Analisis Varians Dua Arah (Two Ways Anava) yaitu pengujian ANOVA yang didasarkan pada pengamatan dua kriteria. Dari hasil analisis disimpulkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan psikomotor anak yang diajar sebelum menggunakan strategi pembelajaran critical incident dan setelah menggunakan strategi pembelajaran critical incident pada kelompok B RA. Roudlotul Ulum Tuwiri - Seduri - Mojosari - Mojokerto; 2) Terdapat Interaksi strategi pembelajaran critical incident terhadap kemampuan psikomotor pada kelompok B RA. Roudlotul Ulum Tuwiri - Seduri - Mojosari – Mojokerto.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing I: Drs. Wahono, M.Si. Pembimbing II: Wardah Suweleh, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: critical incident, kemampuan psikomotor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Adhi Dewantara
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:02
Last Modified: 27 Jul 2023 08:02
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7616

Actions (login required)

View Item View Item