NISWATIN, NISWATIN (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA MELALUI METODE BERCERITA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA WONOMULYO KECAMATAN PONCOKUSUMO KABUPATEN MALANG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (179kB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (43kB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (109kB) |
|
PDF (Bab 3)
Download (79kB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (137kB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (131kB) |
Abstract
Metode bercerita adalah metode yang mengembangkan kemampuan menyimak cerita anak. Adapun langkah-langkah media Metode bercerita dengan tema Hewan adalah sebagai berikut : Tahapan menyimak yang dilakukan dalam penelitian adalah: (a) tahap mendengar, yaitu anak senang dan antusias mendengarkan cerita yang disampaikan guru, (b) tahap menginterpretasikan, yaitu anak bertanya dan menanggapi cerita yang disampaikan guru, dan (c) tahap memahami makna, dan yaitu anak dapat menceritakan dan mengurutkan cerita yang disampaikan guru. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbahasa melalui metode bercerita pada anak kelompok B di Taman Kanak_kanak Dharma Wanita Wonomulyo Poncokusumo. 2) Mendiskripsikan hasil belajar anak melalui keterampilan berbahasa pada kelompok B di Taman Kanak_kanak Dharma Wanita Wonomulyo Poncokusumo? Jenis penelitian yang di gunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Research Subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu siswa-siswi kelompok B Taman Kanak_kanak Dharma Wanita Wonomulyo Kabupaten Malang tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 18 anak.Indikator keberhasilan kemampuan menyimak melalui metode bercerita dikatakan berhasil jika pembelajaran klasikal dapat mencapai nilai rerata 75% dari 14 anak dalam kelompok B. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kemampuan menyimak cerita anak pada pra siklus rata-rata mencapai 1,80, Siklus 1 pertemuan 1 ( 2.10) , siklus I pertemuan 2 mencapai skor rata-rata sebesar 26.32 dan mengalami peningkatan. Siklus II pertemuan I yang mencapai skor 77.77. Rata-rata prosentase Siklus II pertemuan 2 mencapai 83.34%.Dari analisis di atas maka dapat disimpulkan bahwa keberhasilan anak-anak kelompok B di Taman Kanak_kanak Dharma Wanita Wonomulyo Poncokusumo pada kemampuan menyimak cerita dengan menggunakan metode bercerita mencapai skor 3,10 dengan persentase keberhasilan anak mancapai 83.34 % maka dapat dikatakan bahwa semua anak kelompok B di TK Dharma Wanita Wonomulyo Poncokusumo sudah mempunyai kemampuan menyimak cerita yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing: 1. ARIS SETIAWAN, S.Sn., M.Pd ; 2. WARDAH SUWELEH, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Menyimak Metode Bercerita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Sabitah Ari Murti Akmal |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 06:17 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 06:17 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7675 |
Actions (login required)
View Item |