MUTMAINNAH, SITTI (2017) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERMAINAN MEMBACA DAN MENULIS TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI RA-ALYUSUFI DASOK PADEMAWU PAMEKASAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (74kB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (53kB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (129kB) |
|
PDF (Bab 3)
Download (110kB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (157kB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (34kB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Bahasa merupakan alat komunikasi, dimana semua pernyataan pikiran, perasaan, keinginan dan untuk memperoleh informasi menggunakan bahasa. Anak perlu diberikan pendidikan yang sesuai dengan perkembangannya dengan cara memperkaya lingkungan bermainnya. Orang dewasa perlu memberi peluang kepada anak untuk menyatakan diri berprestasi berkreasi dan menggali sember-sumber terunggul yang tersembunyi dalam diri anak sehingga daya kteativitasnya akan tersalurkan. Dalam permainan membaca dan menulis terdapat beberapa pendekatan yang dapat dilakukan melaui beragai bentuk permainan, misalnya bentuk huruf disertai dengan gambar yang mempunyai arti adan makna yang dapat dibaca, kemudian dilakukan suatu kegiatan yang dapat melenturkan tangan untuk membuat suatu gambar dengan membaca kemudian menulis diatas kerta.Beberapa penelitian menunjukkan bahwa seorang anak yang mendapat rangsangan ( dengan melihat, mendengar dan bergerak ) akan lebih berpeluang lebih cerdas dibanding dengan sebaliknya. Salah satu bentuk rangsangan yang sangat penting adalah kasih sayang. Observasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi langsung untuk mengetahui lokasi sarana sekolah. Dalam pelaksanaan observasi peneliti dibantu oleh kelompok RA – ALYUSUFI Dasok Pademawu Pamekasan tahun pelajaran 2016-2017. Observasi ini dilakukan untuk mengamati secara langsung aktifitas guru dan aktivitas anak dalam mengikuti kegiatan proses belajar mengajar. Penggunaan metode pembelajaran yang berada dikelas eksperimen dan kelas control menyebabkan adanya perbedaan hasil belajar anak di kedua kelas tersebut. Penilaian hasil belajar anak dilakukan dengan menggunakan lembar kerja dan aktifitas anak selama proses kegiatan pembelajaran kemampuan bahasa berlangsung. Metode permainan membaca dan menulis dapat mengembangkan daya berfikir kritis dari anak untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar khususnya pada pembelajaran kemampuan bahasa. Selain itu, metode ini dapat menjadi salah satu pertimbangan lembaga pendidikan diringkat Taman Kanak-Kanak sebagai alternatif metode pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing: 1. Dr. M. Ridlwan, M.Pd; 2. Ratno Abidin, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Bahasa, permainan membaca dan menulis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Sabitah Ari Murti Akmal |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 03:16 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 03:16 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7688 |
Actions (login required)
View Item |