WIJAYANTI, DYAH VIKA (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 06 MOJOSARI MENGGUNAKAN KARTU KATA BERGAMBAR. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (652kB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (176kB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (204kB) |
|
PDF (Bab 3)
Download (190kB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (527kB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (87kB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (814kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok A taman kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 06 Mojosari dengan menggunakan kartu kata bergambar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan membaca permulaan anak kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 06 Mojosari serta guru masih sering kali menggunakan media LKA (lembar kerja anak),papan tulis dan spidol sebagai medis pembelajaran membaca. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dilakukan secara kolaboratif partisipatif dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc.Taggart. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 06 Mojosari yang berjumlah 25 anak.Sedangkan objek penelitian ini adalah Meningkatkan Kemampuan Mebaca anak menggunakan kartu kata bergambar. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, sedangkan tehnik analisis datadigunakan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 06 Mojosari. Peningkatan ini dapat dilihat dari setiap observasi yang meningkat pada setiap siklusnya. Peningkatan sebelum penelitian siklus I pertemuan I, dan siklus I pertemuan 2.Anak yang berada pada kriteri *4 sebelum penelitian sebesar 40%, siklus I (1) 40%,siklus I (2) 44%, dan siklus II(1) 60% sedangkan siklus II(2) sebesar 80%. Adapun keberhasilan tersebut dilakukan dengan langkah sebagai berikut: (1) mempersiapkan media dan mengkondisikan anak, (2) memberitahukan tema pembelajaran serta menjelaskan cara bermain serta membagi anak dalam 3 kelompok, (3) anak bergiliran main dan mengacak kartu dibalik kantomg celemek dan satu persatu anak maju memilih kartu dan membaliknya, (4) anak bermain dan melaksanakan sesuai perintah dan contoh guru dalam pembelajaran kemampuan membaca dan yang sesuai yang sudah direncanakan peneliti, (5) mendampingi dan memotivasi anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing: 1. Endah Hendarwati, S.E.,M.Pd; 2. Aris Setiawan, S.sn.,M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca Permulaan,media kartu kata bergambar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Sabitah Ari Murti Akmal |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 03:15 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 04:11 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7690 |
Actions (login required)
View Item |