HARIYANI, AGUSTUMI (2019) PENYIMPANGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK SUNAN GIRI SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (683kB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (103kB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (219kB) |
|
PDF (Bab 3)
Download (187kB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (161kB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1). mendapatkan gambaran realitas tentang karakteristik atau gejala anak yang memiliki perilaku sosial di sekolah (2). Memperoleh infomasi secara rinci mengenai faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya perilaku sosial yang negatif di sekolah. (3). Memperoleh gambaran dampak atau akibat yang terjadi pada anak yang memiliki perilaku sosial yang negatif di sekolah. (4). Mengetahui pandangan pihak-pihak terkait tentang perilaku negative tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negari I Sedayu Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2008/2009 yang memiliki perilaku sosial negatif disekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan, sosiometri, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif fenomenologis. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa bentuk perilaku social negatif yang dilakukan subjek adalah membuat gaduh di kelas, mengganggu teman di kelas, berkelahi, mengancam dan berkata-kata kotor serta menyontek pekerjaan temannya. Faktor penyebab terjadinya perilaku social negatif yang berasal dari factor internal yaitu rasa malas, tidak percaya diri, ingin diperhatikan banyak orang, serta ingin menutupi kekurangannya. Penyebab dari factor eksternal yaitu lingkungan keluarga, tayangan TV, paparan media, lingkungan sekolah serta lingkungan masyarakat yang kurang mendukung. Selain hal tersebut subjek terpengaruh oleh kebiasaan keluarga besarnya yang suka bertengkar. Pandangan pihak terkait tentang perilaku social negatif di sekolah yang dilakukan oleh siswa, yaitu: a. Kepala sekolah berpandangan bahwa perilaku sosial negatif digolongkan sebagai perilaku nakal dan karena pengaruh ketidakharmonisan keluarga. b. Guru kelas memiliki pandangan bahwa perilaku sosial negatif perilaku sosial negatif pada saat PBM berlangsung untuk menutupi kekurangan dan minta perhatian dari guru dan temannya. c. Orang tua siswa memiliki pandangan bahwa perilaku sosial negatif karena keteladanan orangtua yang rendah serta pendidikan dalam keluarga yang kurang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing: 1. Drs. Wahono, M.Si.; 2. Ratno Abidin, S.Pd, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan Sosial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Sabitah Ari Murti Akmal |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 06:30 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 06:30 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7696 |
Actions (login required)
View Item |