UMSurabaya Repository

Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Metode Percakapan Pada Kegiatan Bercerita Pada Anak PAUD Harapan Bunda Kedungsolo Porong.

Setyawati, Ifa Dilli (2019) Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Metode Percakapan Pada Kegiatan Bercerita Pada Anak PAUD Harapan Bunda Kedungsolo Porong. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (179kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (245kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (280kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (606kB)

Abstract

Bidikan anak usia dini menuntut adanya perubahan pada pola pikir lama ke pola pikir baru. Pola pikir yang menganggap bahwa guru sebagai satu – satunya sumber belajar harus segera ditinggalkan, karena lingkungan dan ilmu pengetahuan serta teknologi sebagai kunci pembuka sumber belajar yang sangat luas. Dengan demikian kelas bukanlah satu – satunya tempat belajar bagi anak usia dini. Belajar dilakukan dengan aktif dimana anak melakukan banyak hal untuk mendapatkan pengalaman melalui proses saintifik. Dalam metode bercakap – cakap, bercerita dan tanya jawab diharapkan dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak. Tujuan utama dalam pengembangan bicara anak adalah memiliki keterampilan berbicara yang baik serta memiliki kemampuan berkomunikasi secara lisan dengan lancar, teknik pembelajaran kooperatif merupakan salah satu teknik pembelajaran yang mendukung pembelajaran kontekstual. Proses pembelajaran tidak hanya pada upaya mendapatkan pengetahuan, melainkan bagaimana menggunakan seluruh pengetahuan yang didapat untuk memecahkan permasalahan. Kemampuan memecahkan masalah adalah anak akan terlatih dan memiliki keterampilan untuk mengatasi masalah dan menghubungkan teori yang diperoleh dengan kenyataan hidup sehari – hari. Anak – anak harus di ajarkan bagaimana merasakan saling mengajar dengan sesama teman. Karena kegiatan yang berhubungan dengan percakapan akan memberi kesempatan kepada anak didik untuk bekerjasama sesama anak dan tugas – tugas yang berstruktur. Anak akan belajar gotong royong, bekerja sama dalam menyelesaikan masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing I: Aris Setiawan, S.Sn,M.Pd., Pembimbing II: Drs. Wahono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Kemampuan Bercerita, metode percakapan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 04 Aug 2023 07:36
Last Modified: 04 Aug 2023 07:36
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7730

Actions (login required)

View Item View Item