AMINAH, NURUL (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A MELALUI KEGIATAN SENI MELIPAT(ORIGAMI) TISSUE ROTI DI TK AISYIYAH 32 MOJO SURABAYA TAHUN AJARAN 2015-2016. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (345kB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (63kB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (122kB) |
|
PDF (Bab 3)
Download (135kB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (259kB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (32kB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan masalah yang berkaitan dengan motorik halus anak kelompok A di TK Aisyiyah 32 Mojo Surabaya.Permasalahan tersebut menuntut perlunya suatu solusi baik berupa pendekatan, metode atau model pembelajaran untuk menanganinya yaitu dengan pembelajaran seni melipat tissue roti. Hal tersebut mendasari adanya rumusan masalah,yaitu:(1)Bagaimana kegiatan kemampuan motorik halus anak melalui seni melipat di TK Aisyiyah 32?(2)Bagaimana hasil belajar kemampuan motorik halus anak melalui melipat di TK Aisyiyah 32?. Tujuan dari penelitian ini untuk anak agar dapat mengontrol gerakan otot-otot kecil secara baik melalui kegiatan melipat dan untuk guru sebagai bahan referensi untuk mengetahui perkembangan motorik halus pada anak melalui kegiatan melipat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui metode observasi dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini berupa penilaian proses yang diperoleh dari siswa dalam beraktivitas dan penilaian pada akhir siklus. Data itu kemudian dianalisis untuk memperoleh gambaran tentang berhasil tidaknya pembelajaran yang dilakukan. Peneliti mengambil sampel 20 anak. Pada siklus I dari 20 anak terdapat anak yang masih kurang sebanyak 4 anak, lalu terdapat 2 anak saja yang baik dan 14 anak yang masuk dalam kategori cukup. Setelah siklus II dilaksanakan hampir tidak ada anak yang kurang. Hanya 4 anak yang termasuk kategori cukup dan 16 anak sudah termasuk kategori baik. Prosentasi naik 30% Karena di siklus I hampir semua 60% dan di siklus II hampir nilai mencapai 80%. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan motorik halus setelah diberi kegiatan melipat(origami) dengan tissue roti pada anak kelompok A di TK Aisyiyah 32 Mojo Surabaya tahun Ajaran 2015-2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing I: Drs.Wahono, M.Si, pembimbing II: Wardah Suweleh, M,Pd. |
Uncontrolled Keywords: | seni melipat / origami, motorik halus. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Sabitah Ari Murti Akmal |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 04:13 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 04:13 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7751 |
Actions (login required)
View Item |