CHOTIMAH, CHUSNUL (2020) MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI PROGRAM MAKAN BERSAMA DI KELOMPOK A TK HALIMAH SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2019 - 2020. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (933kB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (126kB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (174kB) |
|
PDF (Bab 3)
Download (262kB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (939kB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (916kB) |
Abstract
Penerapan program makan bersama hendaknya dapat dilakukan pada setiap minggu, dapat meningkatkan kemandirian pada anak. Sehingga anak-anak terlatih kemandiriannya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research), karena dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Data dikumpulkan dengan teknik Observasi dan Dokumentasi. lembar observasi yang terdiri dari: (a) Lembar observasi aktivitas anak. dan (b) Lembar observasi keterampilan berbicara. Sedangkan dokumentasi yang diambil antara lain: (a) Daftar nama anak Kelompok A di Taman Kanak-kanak Halimah Surabaya (b) Rencana Program Pembelajaran Mingguan (RPPM) (c) Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH), dan (d) Foto kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian anak melalui program makan bersama pada pra tindakan dengan nilai rata-rata 2,22 dimana dari 15 anak sebagai objek penelitian hanya 5 anak (33,33%) yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Namun pada akhir siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,02 dimana terdapat 11 anak (73,33%) dari 15 anak yang berkembang sesuai harapan dan sangat baik. Secara keseluruhan peningkatan kemandirian anak melalui penerapan program makan bersama dari pra tindakan sampai siklus II sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Program makan bersama dilaksanakan oleh anak dalam kegiatan pembelajaran di antaranya menyiapkan kotak/peralatan makan sendiri, makan sendiri tanpa disuapi oleh pengajar, makan di tempat duduk masing-masing, tidak menganggu teman yang sedang makan dan mengembalikan/merapikan kotak/peralatan makan. Langkah yang diterapkan oleh guru dalam program makan bersama yaitu pertama guru membagi anak kedalam kelompok kerja 3-4 anak dalam setiap kelompok, langkah kedua memperkenalkan peralatan memasak dan peralatan memakan, langkah terakhir yaitu anak makan bersama dengan teman-temannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing I: Ratno Abidin, M.Pd., Pembimbing II: Naili Sa'ida, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | kemandirian anak, program makan bersama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Sabitah Ari Murti Akmal |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 06:36 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 06:36 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7843 |
Actions (login required)
View Item |