UMSurabaya Repository

PEMBELAJARAN MENGENAL ANGKA 1 – 10 MELALUI KEGIATAN BERMAIN STIK ES KRIM PADA KELOMPOK A DI TK PENGAWAS I SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ISMAWATI, ISMAWATI (2020) PEMBELAJARAN MENGENAL ANGKA 1 – 10 MELALUI KEGIATAN BERMAIN STIK ES KRIM PADA KELOMPOK A DI TK PENGAWAS I SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (404kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (118kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (284kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (256kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran mengenal angka 1 – 10 melalui kegiatan bermain stik es krim pada Kelompok A di TK Pengawas I Surabaya tahun pelajaran 2019 – 2020 dan mendiskripsikan hasil pelaksanaan pembelajaran mengenal angka 1 – 10 melalui kegiatan bermain stik es krim pada Kelompok A di TK Pengawas I Surabaya tahun pelajaran 2019 – 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif karena peneliti ingin mempelajari fenomena-fenomena untuk memperoleh data yang bersifat apa adanya dan hasilnya lebih menekankan makna yang kemudian dikembangkan dalam analisa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dalam pengamatan terhadap kemampuan berhitung anak, serta wawancara berupa usaha pengumpulan informasi dengan menggunakan sejumlah pertanyaan lisan. Subjek penelitian ini pada anak sejumlah 10 siswa yang ada pada Kelompok A usia 4-5 tahun. Data diambil secara total sampling. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media stik es krim dalam pengenalan angka 1-10 pada Kelompok A TK Pengawas I Surabaya antara lain ada 5 anak yang mendapatkan nilai berkembang sangat baik dalam membilang, menyebut, mengenal konsep bilangan, serta menirukan bilangan 1-10. Selanjutnya 4 anak yang mendapatkan nilai berkembang sesuai harapan dalam membilang, menyebut, mengenal konsep bilangan, serta menirukan bilangan 1-10. Namun masih ada 1 yang mendapatkan nilai mulai berkembang dalam menirukan bilangan 1-10.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing I. Aris Setiawan,S.Sn.,M.Pd., Pembimbing II. Wardah Suweleh,S.Pd.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: anak usia dini, media stik es krim, pengenalan bilangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:37
Last Modified: 08 Aug 2023 06:37
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7845

Actions (login required)

View Item View Item