ISMAWATI, ISMAWATI (2020) PEMBELAJARAN MENGENAL ANGKA 1 – 10 MELALUI KEGIATAN BERMAIN STIK ES KRIM PADA KELOMPOK A DI TK PENGAWAS I SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[thumbnail of Pendahuluan]
Preview
PDF (Pendahuluan)
pendahuluan bu isma-1.pdf

Download (404kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I bu isma.pdf

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2]
Preview
PDF (Bab 2)
BAB II bu isma.pdf

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of Bab 3]
Preview
PDF (Bab 3)
BAB III bu isma.pdf

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV bu isma.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V bu isma.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
lampiran bu isma.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pelaksanaan
pembelajaran mengenal angka 1 – 10 melalui kegiatan bermain stik es krim pada
Kelompok A di TK Pengawas I Surabaya tahun pelajaran 2019 – 2020 dan
mendiskripsikan hasil pelaksanaan pembelajaran mengenal angka 1 – 10 melalui
kegiatan bermain stik es krim pada Kelompok A di TK Pengawas I Surabaya tahun
pelajaran 2019 – 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif deskriptif karena peneliti ingin mempelajari fenomena-fenomena untuk
memperoleh data yang bersifat apa adanya dan hasilnya lebih menekankan makna
yang kemudian dikembangkan dalam analisa. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dalam pengamatan
terhadap kemampuan berhitung anak, serta wawancara berupa usaha pengumpulan
informasi dengan menggunakan sejumlah pertanyaan lisan. Subjek penelitian ini
pada anak sejumlah 10 siswa yang ada pada Kelompok A usia 4-5 tahun. Data
diambil secara total sampling. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa
penggunaan media stik es krim dalam pengenalan angka 1-10 pada Kelompok A
TK Pengawas I Surabaya antara lain ada 5 anak yang mendapatkan nilai
berkembang sangat baik dalam membilang, menyebut, mengenal konsep bilangan,
serta menirukan bilangan 1-10. Selanjutnya 4 anak yang mendapatkan nilai
berkembang sesuai harapan dalam membilang, menyebut, mengenal konsep
bilangan, serta menirukan bilangan 1-10. Namun masih ada 1 yang mendapatkan
nilai mulai berkembang dalam menirukan bilangan 1-10.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Additional Information: Dosen Pembimbing I. Aris Setiawan,S.Sn.,M.Pd., Pembimbing II. Wardah Suweleh,S.Pd.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: anak usia dini, media stik es krim, pengenalan bilangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 1348 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:37
Last Modified: 08 Aug 2023 06:37
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7845

Actions (login required)

View Item
View Item