UMSurabaya Repository

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN DALAM PELAYANAN KEPERAWATAN DI UNIT RAWAT JALAN RS SITI KHODIJAH MUHAMMADIYAH CABANG SEPANJANG

AMRULLAH, FAHMI (2020) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN DALAM PELAYANAN KEPERAWATAN DI UNIT RAWAT JALAN RS SITI KHODIJAH MUHAMMADIYAH CABANG SEPANJANG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (165kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (105kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (267kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (357kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu bentuk pelayanan yang paling mempengaruhi tingkat kepuasan pasien di rumah sakit adalah pelayanan keperawatan. Penelitian Otani dkk di lima rumah sakit di daerah metropolitan St. Louis mid-Missouri dan bagian selatan Illinois Amerika Serikat menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh staf dan perawat adalah faktor yang paling mempengaruhi tingkat kepuasan pasien (Otani et al, 2009). Tujuan penelitian ini adalah untuk Menganalisis faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien dalam pelayanan keperawatan di Unit Rawat Jalan RS Siti Khodijah Muhammadiyah Cabang Sepanjang. Penelitian ini menggunakan desain Analitik Corelasi dengan pendekatan Cross Sectional. Populasinya Seluruh Pasien Di Unit Rawat Jalan (N:150 Pasien). Sampling yang digunakan Purposive Sampling. Sampel diambil Sebanyak 100 Pasien baru Di Unit Rawat Jalan. Variabel independen (Kinerja dan komunikasi) dan variabel dependen (KepuasanPasien). Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner kepuasan pasien, kemudian dianalisis menggunakan uji Chi-Square (X 2) Test dengan tingkat signifikasi ≤ 0,05. Hasil penelitian menunjukkan, ada Pengaruh faktor Kinerja dan faktor Komunikasi terhadap tingkat kepuasan pasien dalam pelayanan keperawatan di Unit Rawat Jalan RS Siti Khodijah Muhammadiyah Cabang Sepanjang dengan (p=0,000). Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh faktor kinerja dan komunikasi terhadap tingkat kepuasan pasien dalam pelayanan keperawatan di Unit Rawat Jalan RS Siti Khodijah Muhammadiyah Cabang Sepanjang. Peneliti berikutnya agar dapat mencari dan menerapkan inovasi terbaru dalam upaya meningkatan pelayanan asuhan keperawatan serta mutu terhadap ruangan agar tercipta kepuasan pasien sehingga meningkatkan derajat kesehatan setiap pasien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Ratna Agustin, S.Kep., NS., M.Kep ; 2. Fathiya Luthfi Y, S.Kep., NS., M.Kep
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Keperawatan, Unit Rawat Jalan, Kepuasan pasien
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 04. Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Muhammad Faizal Ramadhani
Date Deposited: 08 Aug 2023 03:34
Last Modified: 08 Aug 2023 03:34
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7882

Actions (login required)

View Item View Item