UMSurabaya Repository

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN HYBRID BERBASIS M.S. TEAMS

Setyawati, Andrieany (2022) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN HYBRID BERBASIS M.S. TEAMS. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (440kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (321kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (637kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (499kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran hybrid berbasis MS. Teams pada siswa kelas V di SDN Krembangan Selatan IX No. 20 dan (2) Mendeskripsikan kemampuan literasi matematika yang dimiliki siswa kelas V di SDN Krembangan Selatan IX No. 20. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu 6 dari 30 siswa kelas V tahun ajaran 2021-2022, dipilih masing-masing 2 siswa dengan kemampuan literasi matematika tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan penilaian harian matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket/respon, tes, dan wawancara. Triangulasi yang digunakan ialah triangulasi teknik dengan melakukan wawancara setelah siswa mengerjakan lembar tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Penggunaan MS. Teams saat pembelajaran hybrid ialah untuk pemberian materi dan penugasan serta melakukan video call dengan siswa secara daring (dalam jaringan), (2) Siswa pertama dan kedua berkemampuan literasi matematika tinggi memiliki tingkat kemampuan literasi matematika pada level 4 serta tergolong kedalam siswa cakap, begitu juga dengan siswa kedua berkemampuan literasi matematika sedang tergolong siswa cakap serta memiliki tingkat kemampuan literasi matematika pada level 4, siswa pertama berkemampuan literasi sedang tergolong siswa dasar yang memiliki tingkat kemampuan literasi matematika pada level 3, siswa pertama dan kedua berkemampuan literasi matematika rendah tergolong siswa perlu intervensi khusus yang memiliki tingkat kemampuan literasi matematika berturut-turut pada level 2 dan 1.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Dr. Dra Iis Holisin, M.Pd ; 2. Wahyuni Suryaningtyas, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: kemampuan literasi matematika, pembelajaran hybrid, MS. Teams.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lailil Aswiyatul Mustdzalifah
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:56
Last Modified: 08 Aug 2023 07:56
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7919

Actions (login required)

View Item View Item