UMSurabaya Repository

ANALISIS PENERAPAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMPN 2 TAMAN SIDOARJO

Putri, Alifia Kusuma (2020) ANALISIS PENERAPAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMPN 2 TAMAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (417kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (158kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (358kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (283kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan tahapan proses matematisasi pada PISA 2012. Literasi matematika adalah merupakan kemampuan seseorang untuk merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks yang termasuk kemampuan melakukan penalaran secara matematis serta penggunaan konsep, prosedur, fakta dan menjelaskan fenomena. Tahapan-tahapan dari proses matematisasi pada PISA 2012 dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah, diantaranya yaitu merumuskan, menggunakan, menafsirkan dan mengevaluasi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini siswa kelas VII-A SMPN 2 Taman Sidoarjo yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi, tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, soal tes dan pedoman wawancara yang dipilih 3 subjek dengan kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Hasil dari penelitian ini yaitu untuk subjek pertama telah mencapai 6 indikator kemampuan literasi matematika, subjek kedua mencapai 5 indikator serta subjek ketiga memenuhi 3 indikator. Sebagian besar siswa masih belum mencapai indikator kemampuan matematisasi karena siswa tidak merubah permasalahan dari dunia nyata ke dalam bentuk matematika terlebih dahulu agar mudah dalam memahami soal cerita kontekstual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Wahyuni Suryaningtyas, S.Si., M.Si ; 2. Endang Suryaningtyas, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Literasi Matematika, Tahapan Matematisasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lailil Aswiyatul Mustdzalifah
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:56
Last Modified: 08 Aug 2023 07:56
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7931

Actions (login required)

View Item View Item