Suwaibah, Dewi (2020) PENGARUH PENDEKATAN MATHEMATICAL HABITS OF MIND TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (846kB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (292kB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (480kB) |
|
PDF (Bab 3)
Download (500kB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (213kB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Pendekatan Mathematical Habits of Mind (MHM) terhadap kemampuan literasi matematika dan respon peserta didik pada kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 5 Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode True Eksperiment. Design yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 23 peserta didik kelas eksperimen dan 23 peserta didik kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal pretest/posttest kemampuan literasi matematika dan angket respon peserta didik. Untuk mengetahui pengaruh dan rata-rata peningkatan kemampuan literasi matematika peserta didik, data hasil ujicoba dianalisis menggunakan uji t dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata kemampuan literasi matematika peserta didik kelas kontrol adalah 66,74 dengan standar deviasi 8,637, dan peningkatan kemampuan literasi matematika termasuk kategori sedang yaitu 0,44; (2) Rata-rata kemampuan literasi matematika peserta didik setelah pembelajaran dengan pendekatan MHM adalah 75,91 dengan standar deviasi 11,015 dan peningkatannya termasuk kategori sedang yaitu 0,58; (3) Hasil uji t terhadap posttest kemampuan literasi matematika memperoleh nilai t_hitung=2.053>t_tabel=2.01537 oleh karena itu H_0 ditolak. Dengan kata lain, terdapat perbedaan kemampuan literasi matematika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Peningkatan rata-rata kemampuan literasi matematika peserta didik kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 0,58 > 0,44 sehingga kemampuan literasi matematika peserta didik kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol; dan (4) Sebesar 74,78% peserta didik merespon postif terhadap pembelajaran menggunakan pendekatan MHM. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan MHM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing : 1. Dr. Dra Iis Holisin, M.Pd ; 2. Himmatuk Mursyidah, S.Si., M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Mathematical Habits of Mind, Kemampuan Literasi Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lailil Aswiyatul Mustdzalifah |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 07:56 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 07:56 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7936 |
Actions (login required)
View Item |