UMSurabaya Repository

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW DENGAN LANGKAH POLYA MENGGUNAKAN MEDIA MINIPOSKA

Lusiana, Lusiana (2020) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW DENGAN LANGKAH POLYA MENGGUNAKAN MEDIA MINIPOSKA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (891kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (186kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (994kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (558kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (818kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Quick on The Draw dengan langkah Polya menggunakan media MINIPOSKA pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) pada peserta didik kelas VIII-A di SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 1 Surabaya yang berjumlah 28 peserta didik yang terdiri dari 14 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah soal tes hasil belajar peserta didik, lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Quick on The Draw dengan langkah Polya menggunakan media MINIPOSKA pada kelas VIII-A di SMP Muhammadiyah 1 Surabaya efektif diterapkan. Hal tersebut ditunjukkan dengan (1) Keefektifan aktivitas peserta didik tercapai karena empat dari enam indikator aktivitas peserta didik pada pertemuan 1 dalam rentang waktu ideal dan aktivitas peserta didik pada pertemuan 2 tercapai semua dari enam indikator peserta didik dalam waktu rentang ideal; (2) Keefektifan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 tercapai dengan rata-rata yang baik; (3) Ketuntasan hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa ≥85% dari seluruh peserta didik telah mencapai KKM; dan (4) Respon peserta didik terhadap pembelajaran menunjukkan respon yang sangat positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Endang Suryaningtyas, S.Si., M.Si ; 2. Sandha Soemantri, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Quick On The Draw, Polya, MINIPOSKA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lailil Aswiyatul Mustdzalifah
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:55
Last Modified: 08 Aug 2023 07:55
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7941

Actions (login required)

View Item View Item