UMSurabaya Repository

HUBUNGAN ANTARA FASHION INVOLVEMENT DAN HEDONIC CONSUMPTION TENDENCY DENGAN IMPULSIVE BUYING PADA DEWASA AWAL

Utami, Dea Mega (2020) HUBUNGAN ANTARA FASHION INVOLVEMENT DAN HEDONIC CONSUMPTION TENDENCY DENGAN IMPULSIVE BUYING PADA DEWASA AWAL. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (381kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (234kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (238kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (328kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara fashion involvement dan hedonic consumption tendency dengan impulsive buying pada dewasa awal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bertujuan untuk menguji hipotesis. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah dewasa awal adapun kriteria antara lain: berusia 18-25 tahun, memiliki sifat suka berbelanja secara spontan dan mengikuti fashion terkini. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 99 subjek. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain skala fashion involvement, skala hedonic consumption tendency dan skala impulsive buying dengan menggunakan model Skala Likert. Skala fashion involvement terdiri dari 17 aitem valid dengan koefisien reliabilitas 0,892. Skala hedonic consumption tendency terdiri dari 25 aitem valid dengan koefisien reliabilitas 0,937. Skala impulsive buying terdiri dari 17 aitem valid dengan koefisien reliabilitas 0,918. Data diolah dengan menggunakan SPSS versi 16. hasil analisis uji regresi berganda diperoleh bahwa nilai F = 7,954 dan R = 0,076 dengan nilai signifikansi 0,006 maka diperoleh bahwa dua variabel independent berpengaruh terhadap variabel dependent. Variabel fashion involvement memiliki thitung 105 dan variabel hedonic consumption tendency memiliki thitung 0,71 dengan nilai signifikansi lebih besar dari 0,005 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa fashion involvement dan hedonic consumption tendency berpengaruh terhadap impulsive buying pada masa dewasa awal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Dewi Ilma Antawati, S. P.si. M.Psi ; 2. Hetty Murdiyani, S.Psi, M.Kes
Uncontrolled Keywords: fashion involvement, hedonic consumption tendency dengan impulsive buying pada dewasa awal.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 07. Fakultas Psikologi > Prodi Psikologi
Depositing User: Lailil Aswiyatul Mustdzalifah
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:43
Last Modified: 09 Aug 2023 07:43
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7981

Actions (login required)

View Item View Item