UMSurabaya Repository

IMPLEMENTASI PENDEKATAN ANDRAGOGI DALAM PEMBELAJARAN AL ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA

YUSUF, ACHMAD (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN ANDRAGOGI DALAM PEMBELAJARAN AL ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (609kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (202kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (380kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (183kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (142kB)

Abstract

Dewasa ini pendidikan mulai melangkah lebih maju, Sekolah Menengah atas yang biasanya menggunakan pendekatan pedagogi, kini mulai menggunakan pendekatan andragogi dalam sistem pembelajaran, andragogy adalah teknik pembelajaran orang dewasa yang tentu saja kebalikan dari pedagogi, salah satu sekolah yang mengimplementasikan andragogi dalam setiap pembelajarannya adalah SMA Muhammadiyah 10. Berdasarkan latar belakang diatas maka penelitian ini mempunyai 3 rumusan masalah, yaitu: 1). Bagaimana Pembelajaran PAi di SMA Muhammadiyah 10, 2). Bagaimana Implementasi Andragogi Dalam Pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah 10, 3). Apa Saja Hambatan dan Solusi dalam Penggunaan Andragogi. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan triangulasi data, sedangkan teknik analisis data melalui beberapa tahapan yaitu data collection, data reduction, data display, data analysis dan concluison Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, 1). PAI adalah mata pelajaran yang wajib di ajarkan dan di ikuti oleh seluruh siswa, 2). SMA Muhammadiyah memang mengimplementasikan andragogi dengan cara bertanya tentang apa yang ingin dipelajari terlebih dahulu oleh peserta didik, melakukan studi kasus serta diskusi dalam kelas, 3). Apabia siswa kurang siap belajar, maka siswa cenderung pasif di dalam kjelas, solusinya adalah guru mereview pelajaran sebelumnya atau guru bertanaya apa yang ingin siswa pelajari terlebih dahulu,lalu kedekatan emosianal yang di bangun guru dan siswa kerapkali disalah gunakan , sehingga siswa berperilakukurang sopan, solusinya dalah guru memberi wawasan lebih tentang etika kepada siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing (I) Dr. M. Arfan Muammar, M.Pd.I; (II) Asrori M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Andragogi, Pembelajaran, PAI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:43
Last Modified: 10 Aug 2023 04:43
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8028

Actions (login required)

View Item View Item