UMSurabaya Repository

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMOTIVASI BELAJAR AL-ISLAM PADA SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 3 SURABAYA

Rusdi, Mochammad (2018) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMOTIVASI BELAJAR AL-ISLAM PADA SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 3 SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (693kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (689kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (523kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Strategi merupakan komponen yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan, seorang Guru Agama Islam dalam penyampaian materi agama pun harus memiliki strategi yang tepat karena dengan adanya strategi maka memotivasi belajar Al-Islam mampu berjalan dengan baik dan maksimal. Dalam hal ini Guru Agama Islam memegang peranan utama dalam proses Memotivasi belajar Al-Islam pada peserta didiknya. Untuk keberhasilan proses pembinaan tersebut, maka seorang Guru Agama Islam harus mampu menggunakan strategi dalam penyampaian materinya. Bila penyampaian materi ini secara maksimal ini telah diupayakan oleh Guru Agama, seharusnya bisa dipastikan bahwa belajar Al�Islam pada peserta didik akan menjadi lebih baik. Dengan metode ini diharapkan dapat memperoleh data-data yang kongkrit yang sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis melalui metode deskriptif untuk data yang kualitatif. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan akhirnya menghasilkan sesuatu kesimpulan sebagai berikut: pertama, Memotivasi Belajar Al-Islam pada Siswa di SMAM 3 Surabaya dapat diketahui bahwa memotivasi belajarnya masih rendah. Hal ini terbukti ketika pembelajaran berlangsung masih ada siswa yang kurang memperhatikan dan kurang semangat untuk mengikuti kegiatan belajar. Oleh karena itu, pembelajaran kurang efektif sehingga rendahnya motivasi belajar siswa dapat mempengaruhi terhadap keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kedua,Strategi guru PAI dalam memotivasi belajar siswa di SMAM 3 Surabaya sudah diterapkan pada siswanya dengan cukup baik. Adapun bentuk motivasi yang diberikan yaitu Memberikan pujian, Memberikan nilai, Mengadakan kompetisi, Memberikan hukuman, Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, Mengadakan ulangan. Ketiga Adapun kendala-kendala yang dihadapi oleh guru PAI dalam memotivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Al-Islam yaitu Kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran Al-Islam, Pengaruh dari teman sebaya, Kurangnya perhatian dan pengawasan dari orang tua, Kurangnya jam mata pelajaran Al-Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Drs. Mulyono, M.Pd.I ; Pembimbing 2: M. Bakhrudin, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Memotivasi Belajar.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:45
Last Modified: 10 Aug 2023 04:45
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8035

Actions (login required)

View Item View Item