UMSurabaya Repository

PENERAPAN METODE HYPNOTEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X-E (IPS) MA YKUI MASKUMAMBANG DUKUN GRESIK

Mahsunah, Dawimatul (2019) PENERAPAN METODE HYPNOTEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X-E (IPS) MA YKUI MASKUMAMBANG DUKUN GRESIK. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (460kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (466kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (437kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses yang mempengaruhi peserta didik untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya, dengan demikian seorang guru seharusnya bisa menjadikan peserta didik memiliki perubahan dalam dirinya yang bisa menjadikan anak didik nantinya bermanfaat bagi kehidupan masyarakat luas, sehingga guru bertugas mengarahkan proses pembelajaran dengan baik sehingga nantinya bisa menghasilkan output yang sesuai dengan harapan, baik harapan dari sekolah maupun dari orang tua. Dalam penelitian ini, peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana penerapan dengan metode pembelajaran yang baru-baru ini muncul dikalangan pengajar yaitu Hypnoteaching. Dalam proses penyelesain skripsi ini penulis menggunakan jenis data deskriptif kualitatif-kuantitatif. Data kualitatif yaitu data informasi yang memberi gambaran tingkat kognitif anak pembelajaran, sikap afektif siswa, hasil belajar belajar dan sejenisnya. Sedangkan analisis data deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisa data kuantitatif seperti hasil tes, data kuantitatif dapat berupa hasil belajar yang mereka dapatkan dihitung dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif untuk memperoleh nilai rata-rata. Hasil penelitian yang telah diteliti dapat disimpulkan bahwa setelah diterapkannya metode Hypnoteaching pada mata pelajaran Bahasa Arab ternyata memberikan pengaruh terhadap hasil belajar belajar peserta didik. Dengan hal ini dapat dilihat dari perubahan nilai yang didapat pada saat pre-test, siklus I, siklus II dan siklus III. Nilai pre-test sebelum diberlakukannya metode Hypnoteaching yakni dengan rata-rata 61,52%, pada siklus I adalah 66,30%, pada siklus II nilai hasil post-test adalah 73,47%, dan pada siklus III nilai hasil post-test adalah 88,04%, nilai tersebut telah melampui batas rata-rata yang telah ditentukan guru pada mata pelajaran Bahasa Arab dengan nilai KKM 75,00%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing : (I) Rusman, M.Pd.I (II) M. Bakhruddin, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Metode Hypnoteaching, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:46
Last Modified: 10 Aug 2023 04:46
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8043

Actions (login required)

View Item View Item