UMSurabaya Repository

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL�ISLAM DI KELAS VIII-D SMP MUHAMMADIYAH 1 SURABAYA

HADROMI, FIKRI (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL�ISLAM DI KELAS VIII-D SMP MUHAMMADIYAH 1 SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (319kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (362kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (245kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana penerapan pembelajaran Al-Islam dengan menggunakan model joyfull learning di kelas VIII-D SMP Muhammadiyah 1 Surabaya surabaya? bagaimana kondisi hasil belajar mata pelajaran Al-Islam dengan menggunakan model joyfull learning di kelas VIII-D SMP Muhammadiyah 1 Surabaya? dan bagaimana hambatan dan solusi model joyfull learning dalam mata pelajaran Al-Islam di kelas VIII-D SMP Muhammadiyah 1 Surabaya?. Penelitian ini bertujuan dalam untuk mengetahui penerapan, kondisi hasil belajar, hambatan dan solusi model pembelajaran joyfull learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menghimpun data primer melalui hasil wawancara dari pihak Guru SMP Muhammadiyah 1 Surabaya, dan Siswa SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Adapun data sekunder di dapatkan dari literatur-literatur dan dokumentasi sekolah SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Setelah data terkumpul lalu dianalisis secara kualitatif dan diuraikan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran joyfull learning menunjukkan hasil yang memuaskan. Adapun hambatan dalam penerapan model joyfull learning dalam pembelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah 1 Surabaya terdiri dari siswa yang memilih main-main dibandingkan memahami materi, siswa takut bertanya dan berpendapat, penggunaan LCD proyektor yang belum maksimal dan kurangnya kesadaran siswa terhadap mata pelajaran Al-Islam. Sedangkan solusi dari hambatan tersebut bisa di selesaikan jika guru dapat menguasai model, metode, teknik dan strategi pendekatan dalam mengelola pembelajaran Al-Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing I: Moch. Charis Hidayat, M.Pd.I., Dosen Pembimbing II: Hayumuti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Joyfull Learning, Al-Islam, SMP Muhammadiyah 1 Surabaya.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:46
Last Modified: 10 Aug 2023 04:46
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8045

Actions (login required)

View Item View Item