Wahyuni, Julita Ika (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI PERILAKU AKHLAK TERCELA PADA SISWA KELAS VIIIA DI SMP MUHAMMADIYAH 11 SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (384kB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (299kB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (432kB) |
|
PDF (Bab 3)
Download (125kB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (558kB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (32kB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Motivasi belajar akidah akhlak merupakan daya pendorong, kekuatan pembangun keinginan yang kuat dalam diri siswa untuk belajar akidah akhlak secara kreatif, aktif, inofatif, efektif, menyenangkan dan tidak membosankan dalam meningkatkan hasil belajar yang optimal. Adapun faktor yang mempengaruhi adanya penyebab rendahnya motivasi belajar akidah akhlak pada siswa SMPM 11 Surabaya, diantaranya yaitu masih menggunakan metode ceramah di dalam kelas, sehingga proses menjadi menjenuhkan dan membosankan. Model pembelajaran Examples Non Examples adalah model pembelajaran yang didalamnya mengandung unsur gambar dan diharapkan dapat membangkitkan semangat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, apakah model Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Muhammadiyah 11 Surabaya. Pendekatan kualitatif adalah metode pendekatan yang di pakai dalam penelitian saat ini dimana metode satu ini menggambarkan masalah sebenarnya yang ada dilapangan kemudian direfleksikan dan dianalisis berdasarkan teori yang menunjang dilanjutkan dengan penelitian dilapangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ) kemudian data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa SMPM 11 Surabaya kelas VIII A dengan adanya bukti hasil peningkatan belajar siswa , mulai kegiatan pratindakan, siklus satu, siklus dua. Penelitian pratindakan siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 48%, setelah dilakukan tindakan dengan model pembelajaran Examples Non Examples ketuntasan belajar siswa dalam siklus satu naik menjadi 64% dan dilanjutkan siklus dua naik menjadi 96%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing : (I) Abdul Wahab, M.E.I (II) Asrori, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Akidah Akhlak, Model Pembelajaran Examples Non Examples, SMP Muhammadiyah 11 Surabaya. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sabitah Ari Murti Akmal |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 04:47 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 04:47 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8050 |
Actions (login required)
View Item |