UMSurabaya Repository

PENERAPAN PENDIDIKAN ISLAM PROGRESIF DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMP LUQMAN AL-HAKIM SURABAYA

Rohman, M. Fatchur (2019) PENERAPAN PENDIDIKAN ISLAM PROGRESIF DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMP LUQMAN AL-HAKIM SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (725kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (219kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (515kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (165kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kemerosotan akhlak dan krisis moral siswa saat ini dalam tahapan yang mengkhawatirkan. Semua penyimpangan itu akibat dari lemahnya etika dan moral siswa dan ketidaksesuaian penerapan pendidikan. Lembaga pendidikan merupakan institusi yang bertanggungjawab dalam memperbaiki mental anak dan membentuk akhlak siswa. Dalam pelaksanaanya, sebagian guru berposisi sebagai subyek, sedangkan siswa hanya mendapatkan informasi secara pasif. Oleh karena itu diperlukan konsep pendidikan islam yang bersifat progresif, dimana terdapat kurikulum yang mudah direvisi dan dievaluasi sesuai dengan tuntutan kebutuhan. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pendidikan islam progresif, pembentukan karakter religius, dan Penerapan pendidikan islam progresif dalam pembentukan karakter religius. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif analisis dan jenis penelitian lapangan. Untuk memperoleh keabsahan data, penulis menggunakan teknik analisis model interaktif yang bersumber dari dokumentasi, observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendidikan islam progresif ini menggunakan integrasi kurikulum antara muatan diknas dengan muatan lokal dengan terlaksananya indikator, pendidikan yang berpusat pada anak, pendidikan berdasarkan pengalaman, kebebasan dalam pendidikan, kehidupan berdemokrasi, kurikulum yang terbuka dan fleksibel, peranan guru sebagai motivator, fasilitator, dan konselor, pembelajaran praktek, pengembangan potensi dasar siswa, dan penilaian berdasarkan perubahan perilaku. Pembentukan karakter religius di SMP Luqman Al-Hakim ini bertujuan untuk membentuk manusia yang beraqidah yang benar, berakhlak qurani, tekun beribadah, aktif berdakwah, hidup rukun berjama'ah islam dan metode pembentukannya adalah keteladanan berupa khudwah, pengawasan terhadap siswa, dan pembiasaan yang disertai pendampingan. Penerapan pendidikan islam progresif dalam pembentukan karakter religius dilaksanakan didalam kelas menggunakan pendekatan kontekstual, baik itu dengan metode diskusi maupun dengan metode praktek, terutama pada materi ibadah dan diluar kelas dengan melakukan kegiatan: sholat berjama'ah 5 waktu, sholat jum'at, sholat tahajud, wirid, tausyiah, dan halaqah Alquran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing : (I) Moch. Charis Hidayat, M.Pd.I (II) Asrori, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Progresif, Karakter Religius
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:47
Last Modified: 10 Aug 2023 04:47
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8055

Actions (login required)

View Item View Item