UMSurabaya Repository

PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD KOSAKATA DASAR UNTUK PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII ANSORIYAH WITTAYA SCHOOL, CHANA DISTRICT, THAILAND TAHUN AJARAN 2018/2019

Mafazah, Nailatul (2019) PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD KOSAKATA DASAR UNTUK PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII ANSORIYAH WITTAYA SCHOOL, CHANA DISTRICT, THAILAND TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (855kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (199kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (388kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (510kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (783kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan awal yang muncul dalam penelitian ini adalah banyaknya warga Thailand yang datang ke Indonesia belum mahir dalam berbahasa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan hal yang sangat penting dipelajari ketika warga Thailand pergi ke Indonesia, karena dengan bisa berbahasa Indonesia warga Thailand tidak bersusah payah untuk berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan kosakata dasar bahasa Indonesia dengan menggunakan media flashcard serta membantu siswa Thailand untuk bisa berbahasa Indonesia. Dengan tiga rumusan masalah sebagai berikut, yaitu bagaimana proses pengembangan media flashcard, keefektifan media dan kepraktisan media terhadap penguasaan kosakata dasar bahasa Indonesia siswa Ansoriyah Wittaya School Thailand. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kuantitatif. Karena penelitian ini bertujuan untuk memaparkan hasil data dengan menggunakan angka-angka sebagai representasi dari efektivitas media flashcard dan sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Ansoriyah Wittaya School Thailand Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal mengisi kosakata sesuai gambar dan soal memasangkan gambar dengan kosakata yang sesuai. Setelah memperoleh data, kemudian data dianalisis menggunakan statistic deskriptif. Simpulan hasil penelitian menunjukkan efektivitas media memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,7 dengan kategori sangat baik dan juga kepraktisan media memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,7 dengan kategori sangat baik. Artinya nilai yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa Ansoriyah Wittaya School paham terhadap penguasaan kosakata dasar bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing I: Dr. Sujinah, M.Pd. Pembimbing II: Pheni Cahya Kartika, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: flashcard, kosakata dasar, siswa ansoriyah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:52
Last Modified: 10 Aug 2023 04:52
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8094

Actions (login required)

View Item View Item