PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD KOSAKATA DASAR UNTUK PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII ANSORIYAH WITTAYA SCHOOL, CHANA DISTRICT, THAILAND TAHUN AJARAN 2018/2019

Mafazah, Nailatul (2019) PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD KOSAKATA DASAR UNTUK PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII ANSORIYAH WITTAYA SCHOOL, CHANA DISTRICT, THAILAND TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[thumbnail of Pendahuluan]
Preview
PDF (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf

Download (855kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2]
Preview
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf

Download (388kB) | Preview
[thumbnail of Bab 3]
Preview
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf

Download (510kB) | Preview
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan awal yang muncul dalam penelitian ini adalah banyaknya warga Thailand yang
datang ke Indonesia belum mahir dalam berbahasa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan hal
yang sangat penting dipelajari ketika warga Thailand pergi ke Indonesia, karena dengan bisa
berbahasa Indonesia warga Thailand tidak bersusah payah untuk berkomunikasi. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan kosakata dasar bahasa Indonesia dengan
menggunakan media flashcard serta membantu siswa Thailand untuk bisa berbahasa Indonesia.
Dengan tiga rumusan masalah sebagai berikut, yaitu bagaimana proses pengembangan media
flashcard, keefektifan media dan kepraktisan media terhadap penguasaan kosakata dasar bahasa
Indonesia siswa Ansoriyah Wittaya School Thailand. Penelitian ini menggunakan jenis
pendekatan deskriptif kuantitatif. Karena penelitian ini bertujuan untuk memaparkan hasil data
dengan menggunakan angka-angka sebagai representasi dari efektivitas media flashcard dan
sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Ansoriyah Wittaya School Thailand Tahun
Ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal mengisi kosakata
sesuai gambar dan soal memasangkan gambar dengan kosakata yang sesuai. Setelah memperoleh
data, kemudian data dianalisis menggunakan statistic deskriptif. Simpulan hasil penelitian
menunjukkan efektivitas media memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,7 dengan kategori sangat
baik dan juga kepraktisan media memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,7 dengan kategori sangat
baik. Artinya nilai yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa Ansoriyah Wittaya School paham
terhadap penguasaan kosakata dasar bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Additional Information: Dosen Pembimbing I: Dr. Sujinah, M.Pd. Pembimbing II: Pheni Cahya Kartika, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: flashcard, kosakata dasar, siswa ansoriyah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 1348 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:52
Last Modified: 10 Aug 2023 04:52
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8094

Actions (login required)

View Item
View Item