UMSurabaya Repository

IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN AL�QUR’AN (Studi Komparatif Penerapan Metode Iqro’ dan Ummi di Kecamatan Sukolilo Surabaya)

ROSALINA, MILLATA (2019) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN AL�QUR’AN (Studi Komparatif Penerapan Metode Iqro’ dan Ummi di Kecamatan Sukolilo Surabaya). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (515kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (268kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (356kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (183kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penerapan metode dan peran guru dapat menentukan suatu keberhasilan pembelajaran terutama dalam bidang Al-Qur’an. Penggunaan metode Iqro’ dan Ummi yang diterapkan di TPA Kecamatan Sukolilo memiliki perbedaan. Ada beberapa TPA Kecamatan Sukolilo yang memilih menggunakan metode Iqro’ untuk mengajarkan anak-anak mempelajari Al-Qur’an karena dirasa lebih mudah dan praktis. Ada juga beberapa TPA Kecamatan Sukolilo yang merubah penerapan metode pembelajaran Al�Qur’an yakni salah satunya yaitu metode Ummi, karena ingin lebih maju dan berkembang lagi. Fokus dari penelitian ini diantaranya untuk mengetahui dan menjelaskan Implementasi Metode Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Iqro’ di TPA Kecamatan Sukolilo Surabaya, mengetahui dan menjelaskan Implementasi Metode Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Ummi di TPA Kecamatan Sukolilo Surabaya, serta mengetahui dan menjelaskan kelebihan dan kekurangan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Iqra’ dan Ummi. Metode penelitian ini bersifat kualitatif dengan dengan pola pikir/analisis komparatif. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran Al�Qur’an metode Iqro’ di TPA Kecamatan Sukolilo yang terdiri dari Tpa Syifa’ul Qulub, TPA Umar Bin Khottob dan TPA Al-Musthofa dalam penerapannya tidak berdasarkan pada prosedur dari Iqro’ itu sendiri karena memang metode Iqro’ tidak memiliki lembaga pusat seperti metode lainnya. (2) Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an metode Ummi di TPA Kecamatan Sukolilo yang terdiri dari TPA Al-Ittihad dan TPA Fathurrohim dalam penerapannya sudah menggunakan standar dan prosedur dari lembaga Ummi Foundation. (3) Kelebihan metode Iqro’ diantaranya: menggunakan sistem CBSA (Cara Belajar Siswa aktif), dalam penerapannya menggunakan privat; Komunikatif; boleh dengan sistem tadarus. Sedangkan kelemahan metode Iqro’ yaitu: bacaan-bacaan tajwid tak dikenalkan sejak dini, tak ada media belajar, dan tidak dianjurkan menggunakan irama murottal. Adapun kelebihan Metode Ummi diantaranya yaitu sistem yang berbasis mutu, tahapan yang sistematis, materi yang kontinu dan kontrol yang ketat. Sedangkan kelemahan Metode Ummi yaitu membutuhkan pengajar yang banyak, waktu yang lama serta biaya yang besar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dosen Pembimbing : (I) Prof. Dr. H. Abd.Hadi,M.Ag (II) M.FazlurrahmanHadi,M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran, Metode Iqro’ dan Ummi.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 11 Aug 2023 02:29
Last Modified: 11 Aug 2023 02:29
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8142

Actions (login required)

View Item View Item