Tohari, A (2021) STUDI TENTANG MODEL PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL�QUR’AN AL-MUTQIN DI MADRASAH IBTIDAIYAH QOMARUL WATHON LAMONGAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (541kB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (258kB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (380kB) |
|
PDF (Bab 3)
Download (175kB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (759kB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (149kB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (144kB) |
Abstract
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mejawab rumusan maslahah menghafal al-Qur’an urgen untuk dikembangkan di setiap lembaga pendidikan Islam baik Sekolah maupun Madrasah karena merupakan usaha menjaga orisnilitas al-Qur’an yang mutlak menjadi kewajiban bagi umat Islam, membentuk prinadi mulia dan meningkatkan kecerdasan. Oleh karena itu, mensukseskan program tahfidz al-Qur’an bagi lembaga pendidikan adalah hal yang penting. Dari observasi yang dilakukan di MI. Qomarul Wathon Lamongan belum ada model pembelajaran tahfidz al-Qur’an khusus yang valid, praktis, dan efektif yang digunakan untuk menstandartkan proses pemebelajaran tahfidz al-Qur’an. Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Adapun pendekatannya adalah diskriptif kualitatif untuk mengahsilakn model pemebelajaran tahfidz al-Qura’an yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengemnagan (kualitatif). Pengumpulan datanya menggunakan teknik obeservasi, wawancara, dan yang digunakan untuk validasi model yang dikembangkan. Proses validasi model dilakukan oleh pakar/ahli dan praktisi. Hasil penelitian dan pengembagan model pembelajran tahfidz al-Qur’an di MI. Qorul Wathon Lamongan itu berupa tahapan-tahapan pemeblajran tahfidz al�Qur’an yang menekankan pada seringya latihan (sistem drill), dengan langkah�langkah: (1) Guru mengapersepsi (2) Guru memberikan contoh bacaan ayat yang akan dihafal dengan benar (talqin) sebanyak 5x pengulangan (3) Siswa membaca ayat yang dihafalakan minimal 5x pengulangan dengan melihat mushaf (4) Guru menulis kata kunci (awal ayat) yang akan dihafalkan (5) Siswa membaca ayat yang akan dihafalkan dengan melihat kata kunci (awal ayat) yang telah ditulis minimla 5x pengulangan (6) Siswa melafalkan ayat yang akan dihafal tanpa melihat (bil ghoib) minmal 5x pengulangan (7) Siswa saling menyimak hafalan temannya, dan membrikan pertanyaan dengan mengacak nomor ayat maupu sambung ayat. Berdasrkan hasil penelitian dan kesimpulan dalam penelitian ini, peneliti menyampaikan beberapa saran sebagai berikut:Kedepannya MI. Qomarul Wathon Lamongan berkenan menggunakan model pembelajaran Al-Mutqin ini unuk pembelajaran tahfidz di kelas.Bagi guru-guru tahfidz al-Qur’an berkenan memanfatkan model ini sebagai salah model alternatif guna membantu proses pembelajaran tahfidz al-Qur’an baik di kelas maupun di pembelajaran tahfidz lainnya guna mencapai suatu target yang akan dicapai.Dalam PMB (proses belajar-mengajar), peserta didik merupakan faktor yang sangat penting . oleh karena itu, siswa harus mejalankan kegiatan-kegiatan yang ada dengan baik dan benar, karena hal ini demi kebaikan mereka di masa yang akan datang.peserta didik harus hormat, patuh, serta menjaga sopan dan santun kepada para pendidik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing : (I) Prof. Dr. H. Abd Hadi, M.Ag (II) M. Fazlurrahman Hadi, Lc., M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Tahfidz Al-Qur’an |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam |
Depositing User: | Sabitah Ari Murti Akmal |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 06:37 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 06:37 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8146 |
Actions (login required)
View Item |