UMSurabaya Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B DI TK TUNAS SEJATI KECAMATAN KENJERAN SURABAYA

SISWADITAMI, DWI LIANITA (2020) PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B DI TK TUNAS SEJATI KECAMATAN KENJERAN SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (PENDAHULUAN)
Download (938kB)
[img] PDF (BAB 1)
Download (306kB)
[img] PDF (BAB 2)
Download (396kB)
[img] PDF (BAB 3)
Download (509kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran inkuiri dan perkembangan kreativitas anak kelompok B di TK Tunas Sejati Kecamatan Kenjeran Surabaya. Jenis penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan format deskriptif berupa kata-kata tertulis atau uraian dari orang- orang dan pelaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi beranalisis serta, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah murid kelompok B TK Tunas Sejati Kecamatan Kenjeran Surabaya dengan jumlah sampel 8 responden. Analisis data dalam penelitian kualitatif, dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung, dan setelah selesai pengumpulan data setelah selesai pengumpulan data dalam periode tertentu. Berdasarkan hasil pengamatan dan observasi penelitian penerapan pembelajaran inkuiri dalam mengembangkan kreativitas menggunakan media tutup botol dapat diterapkan dengan baik dan perkembangan kreativitas anak dengan pembelajaran inkuiri dalam mengembangkan kreativitas menggunakan tutup botol berkembang sangat baik karena anak bukan hanya dapat membuat bentuk dari tutup botol namun juga belajar memadukan warna yang tentu saja sesuai dengan imajinasi anak karena ketertarikan anak untuk mencoba ini, maka perkembangan kreativitas anak dapat berkembang dengan baik, tentu saja dengan kegiatan yang dilakukan berulang-ulang juga adanya motivasi dari guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing Drs. Wahono M.Si Tri Kurniawati, S.Gz.M.Kes
Uncontrolled Keywords: pembelajaran inkuiri, mengembangkan kreativitas, anak usia dini.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Adhi Dewantara
Date Deposited: 11 Aug 2023 09:40
Last Modified: 11 Aug 2023 09:40
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8167

Actions (login required)

View Item View Item