JUWASTUTI, LILIS (2020) PENGARUH KEGIATAN MEMBENTUK KREASI MAKANAN TERHADAP PEMAHAMAN GIZI SEIMBANG ANAK KELOMPOK A DI RA TAPAS AL- FALAH SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (PENDAHULUAN)
Download (1MB) |
|
PDF (BAB 1)
Download (310kB) |
|
PDF (BAB 2)
Download (350kB) |
|
PDF (BAB 3)
Download (587kB) |
|
PDF (BAB 4)
Restricted to Registered users only Download (581kB) |
|
PDF (BAB 5)
Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Registered users only Download (705kB) |
Abstract
Anak-anak kurang mengetahui tentang makanan apa saja yang baik untuk kesehatan dan makanan apa saja yang akan membawa pengaruh yang buruk terhadap kesehatan sehingga anak-anak di RA Tapas Al-Falah Surabaya cenderung membeli makanan dan jajanan sembarangan yang kurang terjaga kesehatan dikarenakan mereka lebih tertarik pada kemasan luar yang bagus, dengan rasa yang sangat enak dan sangat manis, dengan warna-warna makanan yang sangat mencolok. Padahal bahan makanan yang dikonsumsi mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi tubuh anak.. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman gizi seimbang dalam kegiatan membentuk kreasi makanan anak dan pengaruh kegiatan membentuk kreasi makanan terhadap pemahaman gizi seimbang anak kelompok A di RA Tapas Al-Falah Surabaya. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain One Group Pre-Test – Post-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemahaman gizi seimbang anak meningkat karena kegiatan membentuk kreasi makanan cukup efektif membantu anak dalam mengenal bermacam-macam sayuran, buah-buahan dan makanan sehat dan tidak sehat, anak dapat belajar berkreasi membentuk makanan sehat agar menarik untuk dikonsumsi. Ada pengaruh kegiatan membentuk kreasi makanan terhadap pemahaman gizi seimbang anak kelompok A di RA Tapas Al-Falah Surabaya dimana terjadi peningkatan pemahaman gizi seimbang berdasarkan hasil nilai rata-rata siswa sebelum perlakuan/ pre test sebesar 9,45 meningkat setelah diberikan perlakuan/ post test menjadi 14,45 dan nilai uji Wilcoxon menunjukkan adanya perbedaan memiliki arti bahwa nilai selisih dari hasil pre test dan post test mengalami perkembangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing Ratno Abidin, M.Pd. Naili Sa’ida, S.Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | kegiatan membentuk kreasi makanan, pemahaman gizi seimbang |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Adhi Dewantara |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 01:53 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 01:53 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8171 |
Actions (login required)
View Item |