POERNAMIE, MEI PRASTIWI (2020) PENGARUH BERMAIN AKTIF TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A TK. TUNAS DEMAK SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2019/202. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (PENDAHULUAN)
Download (3MB) |
|
PDF (BAB 1)
Download (3MB) |
|
PDF (BAB 2)
Download (3MB) |
|
PDF (BAB 3)
Download (3MB) |
|
PDF (BAB 4)
Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
PDF (BAB 5)
Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Bermain aktif dihadirkan di kelas, dalam meningkatkan perkembangan motorik halus anak, sehingga keberhasilan pembelajaran dapat tercapai maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre eksperimen, karena dilakukan untuk mengetahui pengaruh bermain aktif terhadap perkembangan motorik halus serta bagaimana bermain aktif dapat mengembangkan motorik halus anak usia dini. Tujuan dari penelitian kuantitatif pre eksperimen ini adalah. (1) Mengetahui pengaruh bermain aktif terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini di Kelompok A TK. Tunas Demak (2) Mengetahui bermain aktif dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini di kelompok A TK. Tunas Demak. Data dikumpulkan dengan teknik Observasi dan Dokumentasi. Lembar observasi adalah lembar hasil pengamatan anak usia dini terkait bermain aktif dan kemampuan motorik halus anak. Sedangkan dokumentasi adalah daftar nama anak Kelompok A di Taman Kanak-kanak Tunas Demak Surabaya, Rencana Program Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH) dan foto kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh bermain aktif terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini di kelompok A Taman Kanak-kanak Tunas Demak Surabaya. Hal ini dapat ditunjukan pada hasil analisa data menggunakan uji wilcoxon, bahwasanya HO ditolak jika Thitung < Ttabel, nilai Thitung = 24,5 lebih kecil dari Ttabel = 25 dengan taraf kesalahan 5% atau α = 0,05. Maka H1 diterima karena terdapat pengaruh bermain aktif terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini di kelompok A Taman Kanak-kanak Tunas Demak Surabaya. Pencapaian item-item yang digunakan sebagai indikator penilaian dalam perkembangan motorik halus sesudah diberi metode bermain aktif dari 15 anak usia dini 9 orang anak meningkat perkembangan motorik halusnya. Hal yang dilakukan diantaranya memindahkan bentuk geometri, menggambar bebas, menulis nama pada lembar tugas, menyusun balok geometri dan meronce (bentuk geometri sesuai pola)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | DOSEN PEMBIMBING Ratno Abidin, M.Pd. Naili Sa'ida, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Bermain aktif, kemampuan motorik halus |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Adhi Dewantara |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 02:03 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 02:03 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8172 |
Actions (login required)
View Item |