UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBICARA ANAK MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DI KELOMPOK A TK TUNAS DEMAK SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2019-2020

SULIKHA, NUR (2020) MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBICARA ANAK MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DI KELOMPOK A TK TUNAS DEMAK SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2019-2020. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (PENDAHULUAN)
Download (2MB)
[img] PDF (BAB 1)
Download (2MB)
[img] PDF (BAB 2)
Download (2MB)
[img] PDF (BAB 3)
Download (2MB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Metode bermain peran (Role Playing) masih jarang sekali dihadirkan di kelas, dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak sehingga anak merasa jenuh, akibatnya anak susah menyerap pembelajaran yang diberikan sehingga keberhasilan pembelajaran belum maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research), karena dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Data dikumpulkan dengan teknik Observasi dan Dokumentasi. lembar observasi yang terdiri dari: (a) Lembar observasi aktivitas anak. dan (b) Lembar observasi keterampilan berbicara. Sedangkan dokumentasi yang diambil antara lain: (a) Daftar nama anak Kelompok A di Taman Kanak-kanak Tunas Demak Surabaya (b) Rencana Program Pembelajaran Mingguan (RPPM) (c) Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH), dan (d) Foto kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan mulai dari pra tindakan, siklus I sampai dengan siklus II. Kondisi awal pada pra tindakan rata-rata nilai anak-anak sebesar 2,21, dimana artinya dari 15 anak hanya 3 anak (20,00%) yang keterampilan berbicaranya berkembang. Pada siklus I mengalami peningkatan meskipun belum sesuai dengan (KKM) kriteria ketuntasan minimal, dimana rata-rata nilai anak-anak sebesar 2,62 artinya dari 15 anak hanya 9 anak (60,00%) yang keterampilan berbicaranya sudah berkembang. Hasil observasi siklus II rata-rata nilai anak-anak sebesar 3,01, dimana artinya 11 anak (73,33%) dari 15 anak yang keterampilan berbicaranya berkembang sesuai harapan dan sangat baik. Metode bermain peran (Role Playing) dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak pada kelompok A di Taman Kanak-kanak Tunas Demak Surabaya, apabila terjadi perubahan yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan anak dalam hal keterampilan berbicara sebesar 70% dari jumlah objek penelitian yaitu 15 anak. Observasi dan pengamatan yang sudah dilakukan menunjukan hasil 73,33%, artinya 11 anak dari 15 anak yang keterampilan berbicaranya berkembang sesuai harapan dan sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: DOSEN PEMBIMBING Ratno Abidin, M.Pd. Naili Sa'ida, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: ketrampilan berbicara, bermain peran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Adhi Dewantara
Date Deposited: 14 Aug 2023 02:24
Last Modified: 14 Aug 2023 02:24
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8176

Actions (login required)

View Item View Item